Tautan-tautan Akses

Obama Usahakan Dukungan Kongres AS untuk Serang Suriah


Senator AS dari Partai Republik John McCain (kiri), telah sejak lama mendesak dilakukannya serangan militer AS terhadap Suriah (foto: dok).

Senator AS dari Partai Republik John McCain (kiri), telah sejak lama mendesak dilakukannya serangan militer AS terhadap Suriah (foto: dok).

Presiden Obama akan mengadakan pertemuan dengan Senator AS John McCain, yang telah sejak lama mendesak serangan militer terhadap Suriah.

Presiden Amerika Barack Obama meneruskan usahanya untuk memperoleh dukungan Kongres untuk tindakan militer Amerika di Suriah, sementara sebagian anggota Kongres menyatakan kesangsian mereka tentang rencananya dan Rusia mempertanyakan bukti dibalik rencana tersebut.

Obama akan mengadakan pertemuan hari Senin di Gedung Putih dengan Senator terkemuka John McCain, yang telah sejak lama mendesak Presiden untuk mengambil tindakan kuat terhadap Suriah. McCain mengatakan hari Minggu Amerika sebaiknya melakukan tindakan melampaui serangan udara yang terbatas dan mencakup ancaman untuk menyingkirkan Presiden Suriah Bashar al-Assad dari kekuasaan.

Sebagian anggota Kongres memiliki pandangan yang berlawanan, dan mempertanyakan apakah militer harus dilibatkan.

Para pejabat Amerika memberi penjelasan kepada sebagian anggota Kongres hari Minggu mengenai informasi intelijens yang menunjukkan bahwa militer Suriah menjatuhkan gas beracun terhadap kaum sipil di pinggir Damaskus bulan lalu, menewaskan lebih dari 1.000 orang.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan hari Senin bahwa bukti yang diberikan oleh Amerika Serikat belum meyakinkan mengenai serangan kimia tersebut.
XS
SM
MD
LG