Tautan-tautan Akses

AS

Obama Umumkan Program untuk Dorong Sektor Manufaktur


Presiden AS Barack Obama berbicara di hadapan para pemimpin bisnis pada KTT tahunan SelectUSA di Washington, Senin (20/6).

Presiden AS Barack Obama berbicara di hadapan para pemimpin bisnis pada KTT tahunan SelectUSA di Washington, Senin (20/6).

Presiden Obama hari Senin (20/6) mengumumkan penciptaan program baru untuk membantu menggairahkan kembali industri manufaktur Amerika dan memicu inovasi pada sektor yang digambarkan sebagai “manufaktur yang cerdas".

Berbicara di hadapan para pemimpin bisnis pada KTT tahunan SelectUSA di Washington, Presiden AS Barack Obama mengatakan koalisi yang terdiri dari 200 mitra akan menerima 140 juta dolar dalam bentuk dana pemerintah dan swasta untuk “secara radikal meningkatkan” efisiensi manufaktur dengan membuat sensor cerdas dan teknologi digital yang secara dramatis akan meningkatkan produktivitas, menghemat listrik dan merampingkan proses manufaktur.

Koalisi Kepemimpinan Pebabrikan Cerdas menerima dana 70 juta dolar dari Departemen Energi (DoE) dan 70 juta dolar dalam bentuk sumbangan swasta.

Koalisi itu, yang terdiri dari kalangan industri, akademisi dan perwakilan nir laba akan memimpin Lembaga Inovasi Manufaktur Cerdas yang baru itu bekerja sama dengan DoE. Inovasi-inovasi piranti lunak akan dipaparkan secara terbuka sehingga tersedia bagi semua jenis usaha.

“Tidak ada negara yang bisa menyaingi kita dalam manufaktur yang canggih. Tidak ada negara yang menjadi tempat tinggal wiraswastawan atau komputer super. Tidak ada negara yang melakukan lebih banyak guna membangun budaya penciptaan, gagasan serta kewirausahaan dan berani mengambil resiko, inovasi dan penemuan,” kata Presiden Obama.

Hampir enam juta lapangan kerja pepabrikan hilang di Amerika antara tahun 2000 sampai 2010 ketika perusahaan-perusahaan menutup pabrik-pabrik dan memindahkannya ke luar negeri dengan biaya yang lebih rendah. Angka tersebut mewakili 1/3 lebih dari seluruh pekerja sektor manufaktur Amerika. Sejak bulan Februari 2010 lebih dari 800 ribu pekerjaan manufaktur diciptakan ketika industri mobil berkembang dan biaya manufaktur meningkat di luar negeri.

Pusat pepabrikan baru yang bermarkas di kota Los Angeles, California itu adalah yang ke sembilan dari 15 proyek semacamnya yang ingin diciptakan Obama.

Selama satu minggu yang dipusatkan pada inovasi, Presiden Obama juga akan menghadiri KTT Kewirausahaan global di Universitas Stanford akhir minggu ini, di mana ia akan ikut dalam panel diskusi bersama pendiri Facebook Mark Zuckerburg dan tokoh lainnya. [my/al]

XS
SM
MD
LG