Tautan-tautan Akses

Obama Umumkan Aliansi AS-Israel untuk Selamanya


Presiden AS Barack Obama dan PM Israel Benjamin Netanyahu berjabat tangan saat mengadakan jumpa pers bersama di Yerusalem, Rabu (20/3).

Presiden AS Barack Obama dan PM Israel Benjamin Netanyahu berjabat tangan saat mengadakan jumpa pers bersama di Yerusalem, Rabu (20/3).

Presiden Obama mengumumkan aliansi Amerika dengan Israel kekal dan untuk selamanya, sewaktu memulai lawatannya yang pertama ke Israel sejak menjadi Presiden.

Dalam upacara penyambutan di bandara Ben Gurion hari Rabu, Presiden Amerika Barack Obama mengatakan, ia membuat Israel sebagai persinggahannya yang pertama ke luar negeri pada masa jabatan keduanya karena ingin “menegaskan kembali hubungan tak terputuskan antara kedua negara”.

Ia juga mengatakan ia ingin berbicara langsung kepada rakyat Israel dan tetangga-tetangga mereka tentang keyakinannya bahwa “perdamaian harus terwujud di tanah suci itu”.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Shimon Peres menyambut Presiden Obama di bandara. Benjamin Netanyahu mengucapkan terima kasih kepada Presiden Obama karena membela apa yang disebut oleh kedua mereka sebagai “hak Israel untuk membela dirinya sendiri, oleh dirinya sendiri, terhadap ancaman apapun”.

Presiden Barack Obama kemudian bertemu dengan Presiden Shimon Peres di Jerusalem setelah disambut dengan nyanyian oleh anak-anak Israel yang melambai-lambaikan bendera kedua negara.
XS
SM
MD
LG