Tautan-tautan Akses

AS

Obama Tutup KTT Keamanan Nuklir


President Barack Obama speaks during a news conference at the Nuclear Security Summit, Friday, April 1, 2016, in Washington. (AP/Alex Brandon)

President Barack Obama speaks during a news conference at the Nuclear Security Summit, Friday, April 1, 2016, in Washington. (AP/Alex Brandon)

Obama mengatakan dalam enam tahun terakhir ini para pemimpin dunia telah membuat kemajuan “yang signifikan dan berarti” untuk mengamankan cadangan bahan nuklir.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan upaya global untuk menghentikan teroris dan pihak-pihak lain menggunakan senjata nuklir “sudah benar-benar berhasil."

Sebelum sesi foto bersama dengan para pemimpin dunia yang menghadiri KTT Keamanan Nuklir di Washington DC, Jumat (1/4), Obama mengatakan dalam enam tahun terakhir ini para pemimpin dunia telah membuat kemajuan “yang signifikan dan berarti” untuk mengamankan cadangan bahan nuklir.

Obama menambahkan bahwa dalam KTT Keamanan Nuklir itu lebih dari 50 pemimpin dunia sepakat untuk lebih memperkuat fasilitas-fasilitas nuklir dari kemungkinan serangan dunia maya dan memperbaiki upaya saling berbagi informasi inteljen.

Program pengembangan senjata nuklir Korea Utara, yang telah dipantau dengan sangat seksama, menjadi fokus utama dalam KTT dua hari tersebut.

Dalam pertemuan antara Presiden Obama dan Presiden Xi Jinping, beberapa pejabat Amerika melaporkan pemimpin China itu menyampaikan “keinginannya untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi tentang isu nuklir Korea dan isu-isu kawasan serta dunia”.

Amerika, yang melihat China sebagai sekutu Korea Utara, tetap menilai China memiliki posisi penting untuk memperkuat sanksi PBB terhadap Korea Utara karena pengembangan senjata nuklir yang dilakukan. [em]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG