Tautan-tautan Akses

AS

Obama Tunjuk Kepala Staf Militer Gabungan yang Baru


Jenderal Joseph Dunford saat bersaksi di Kongres AS, 2014.

Jenderal Joseph Dunford saat bersaksi di Kongres AS, 2014.

Joseph Dunford adalah marinir yang kedua memegang jabatan kepala staf militer gabungan, setelah Jenderal Peter Pace yang sekarang pensiun.

Presiden AS Barack Obama diperkirakan akan menunjuk Jenderal Marinir Joseph Dunford untuk memimpin Kepala Staf Militer Gabungan hari Selasa (5/5), menggantikan Jenderal Angkatan Darat Martin Dempsey sebagai penasihat tertinggi militer negara tersebut.

Dunford, 59, saat ini merupakan komandan marinir, jabatan yang baru ia pegang tahun lalu. Sebelumnya ia adalah komandan semua pasukan koalisi international dan Amerika di Afghanistan dari tahun 2013 sampai 2014, yang mengawasi penarikan pasukan Amerika yang terus berlangsung dan menyerahkan operasi keamanan kepada pasukan Afghanistan. Ia juga memimpin tim tempur marinir dalam penyerbuan Irak yang dipimpin Amerika tahun 2003, yang memberinya nama panggilan “Fighting Joe.”

Dunford, kelahiran Boston, pertama kali diangkat sebagai perwira marinir tahun 1977. Ia adalah marinir yang kedua memegang jabatan kepala staf militer gabungan, setelah Jenderal Peter Pace yang sekarang pensiun, yang memegang jabatan itu dari tahun 2005 hingga 2007.

XS
SM
MD
LG