Tautan-tautan Akses

AS

Obama Tunjuk Kepala FBI yang Baru


Presiden AS Barack Obama saat memperkenalkan James Comey (kanan) sebagai Kepala FBI yang baru, Senin (28/10).

Presiden AS Barack Obama saat memperkenalkan James Comey (kanan) sebagai Kepala FBI yang baru, Senin (28/10).

Presiden Amerika Barack Obama hari Senin (28/10) telah menunjuk James Comey sebagai direktur baru Biro Investigasi Federal Amerika - FBI.

Presiden AS Barack Obama hari Senin (28/10) memuji Kepala FBI yang baru, James Comey, dengan menggambarkannya sebagai sosok yang mengetahui apa yang benar dan apa yang salah, dan siap bertindak atas dasar tersebut setiap harinya.

James Comey, berusia 54 tahun, menjabat sebagai wakil Jaksa Agung Amerika dalam masa pemerintahan mantan presiden Amerika George W. Bush. Selama masa tersebut, ia terkenal karena tidak menyetujui kebijakan Gedung Putih untuk melakukan penyadapan tanpa surat perintah resmi.

Program penyadapan muncul kembali sebagai perhatian utama dalam perdebatan awal tahun ini ketika terungkap bahwa pemerintah Amerika menjalankan program mata-mata yang luas dan menargetkan pengguna Internet dan komunikasi telepon. Obama masih berkeras mendukung program tersebut.

James Comey menggantikan Robert Mueller, yang bertugas sebagai direktur FBI tidak lama setelah serangan teroris 11 September 2001.
XS
SM
MD
LG