Tautan-tautan Akses

Tenggat Utang Mendekat, Pemimpin Senat AS Laporkan Kemajuan


Pemimpin Mayoritas Senat AS, Harry Reid meninggalkan ruangan Senator partai Republik Mitch McConnell setelah keduanya mengadakan pertemuan terbatas, Senin (14/10).

Pemimpin Mayoritas Senat AS, Harry Reid meninggalkan ruangan Senator partai Republik Mitch McConnell setelah keduanya mengadakan pertemuan terbatas, Senin (14/10).

Pemimpin Mayoritas Senat AS, Harry Reid mengatakan para pemimpin Kongres telah mencapai kemajuan untuk mengakhiri kebuntuan fiskal.

Presiden Barack Obama menunda pertemuan Senin sore (14/10) dengan para pemimpin fraksi Demokrat dan Republik di Kongres, dan mengatakan ingin memberi mereka lebih banyak waktu untuk mencapai kemajuan dalam pembicaraan guna mengakhiri penutupan pemerintah Amerika dan mencegah gagal bayar utang .

Pemimpin Mayoritas Senat fraksi Demoktrat Harry Reid, mengatakan telah mencapai kemajuan dalam pembicaraan dengan pemimpin fraksi Republik Mitch McConnell. Harry Reid mengatakan perundingan dengan itikad baik akan dilanjutkan dan ia sangat optimistis akan dicapai kesepakatan pekan ini.

Mitch McConnell mengatakan ia juga optimistis seperti Harry Reid. McConnell mengatakan ia telah mengadakan pembicaraan yang konstruktif dengan Harry Reid. Ketua DPR Amerika, John Boehner dari fraksi Republik, juga terlihat meninggalkan kantor Senat Mitch McConnell Senin sore .

Pusat pembicaraan ini adalah rancangan untuk meningkatkan pagu utang pemerintah federal hingga tahun depan, dan pengeluaran anggaran jangka pendek untuk membuka kembali kegiatan pemerintah dan memungkinkan dimulainya perundingan anggaran .

Jika pagu utang tidak dinaikkan pada hari Kamis, Amerika mungkin tidak dapat membayar semua utang-utangnya. Presiden Obama telah mengatakan ini akan menjadi bencana bagi perekonomian dunia.

Sebelumnya, Presiden Amerika Barack Obama mengundang para pemimpin Kongres untuk berunding selagi Amerika mendekati tenggat waktu gagal bayar utang yang dapat merugikan ekonomi dunia. Pimpinan fraksi Demokrat dan Republik dari Senat dan Kongres AS sedianya bertemu hari Senin sore dengan Presiden Obama dan Wakil Presiden Joe Biden di Gedung Putih, namun rencana ini ditunda.

Sementara itu, penghentian sebagian kegiatan pemerintah federal memasuki hari ke-14 dan Amerika semakin mendekati gagal membayar utang yang dapat merusak perekonomian.

Anggota DPR Amerika bersidang dalam upaya menyelesaikan perselisihan fiskal mereka tentang pengeluaran pemerintah sebelum batas waktu hari Kamis untuk memperpanjang pagu utang negara. Kegagalan mengakhiri peselisihan itu bisa mengakibatkan Amerika tidak dapat membayar utang-utangnya.

Fraksi Demokrat ingin menaikkan pagu utang cukup tinggi untuk memperpanjang waktu sebelum perlu dirundingkan lagi, dan menginginkan anggaran jangka pendek untuk mengoperasikan kembali pemerintah. Fraksi Republik menginginkan kenaikan sedikit pagu utang dan pemotongan anggaran belanja yang lebih banyak.

Pemimpin Mayoritas Senat dari fraksi Demokrat Harry Reid Minggu sore berbicara dengan pemimpin fraksi Republik Mitch McConnell dan "optimis" mengenai prospek penyelesaian masalah.

McConnell mengatakan solusi sudah tersedia dari sebuah kelompok bipartisan yang terdiri dari 12 senator. Solusi ini akan membuka kembali pemerintah dan didanai dengan anggaran yang sama selama enam bulan, sambil menaikkan pagu utang hingga 31 Januari.
XS
SM
MD
LG