Tautan-tautan Akses

AS

Obama Tugaskan Pentagon Bersiap Selesaikan Penarikan Mundur dari Afghanistan


Presiden Obama

Presiden Obama

Presiden Amerika Barack Obama telah memberi tahu Pentagon untuk bersiap-siap bagi penarikan mundur semua tentara dari Afghanistan paling lambat akhir tahun ini jika Perjanjian Keamanan Bilateral atau BSA yang lama tertunda masih belum ditandatangani.

Gedung Putih mengatakan Obama menyampaikan pesan tersebut kepada Presiden Afghanistan Hamid Karzai dalam pembicaraan telepon hari Selasa.

Juru bicara Gedung Putih, Jay Carney mengatakan presiden Obama memberi tahu Presiden Karzai bahwa Amerika akan membiarkan terbuka kemungkinan menuntaskan BSA dengan Afghanistan akhir tahun ini, tapi semakin lama tertunda semakin besar kemungkinan bahwa misi Amerika pasca 2014 akan lebih kecil dalam skala dan ambisi.

Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel mengatakan Departemen Pertahanan akan merencanakan penarikan mundur secara teratur dan juga terus merencanakan partisipasi Amerika dalam sebuah misi pimpinan NATO, yang berfokus pada pelatihan, saran dan membantu pasukan keamanan Afghanistan.

Perjanjian Keamanan Bilateral itu akan mempertahankan sekitar 10 ribu tentara Amerika di Afghanistan dalam peran membantu selama 10 tahun. Presiden Karzai telah mengemukakan keberatan atas taktik militer Amerika di negaranya, khususnya penyerbuan ke rumah-rumah orang Afghanistan dan telah mengatakan ia ingin kepastian adanya dialog dengan militan Taliban sebelum perjanjian itu ditandatangani.
XS
SM
MD
LG