Tautan-tautan Akses

Obama Tolak Wacana Hanya Pengungsi Suriah Kristen Boleh Masuk AS


Presiden Obama (AP Photo/Susan Walsh)

Presiden Obama (AP Photo/Susan Walsh)

Serangan terhadap Paris akhir pekan kemarin yang diklaim oleh kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengemuka saat KTT negara-negara G-20 di Antalya Turki. Isu tersebut juga mengemuka saat jumpa pers Presiden AS Barack Obama di sana. Dalam jumpa pers tersebut Presiden Obama menolak wacana agar AS hanya menerima pengungsi Suriah dari satu kelompok agama saja.

"Bila saya mendengar orang berkata, "Mungkin AS perlu hanya menerima pengungsi Kristiani dan tidak pengungsi Muslim," kata Obama tanpa menyebut nama sang pengusul, "Bila saya mendengar tokoh politik yang mengusulkan batasan agama bagi orang yang melarikan diri dari negara yang dilanda perang, padahal tokoh yang bersangkutan sebagian berasal dari keluarga yang pernah juga dilindungi AS saat mereka melarikan diri dari penindasan politik.. ini memalukan. Ini bukan cara Amerika. Itu bukan sifat bangsa Amerika. AS tak mempertimbangkan agama dalam memberi pertolongan."

Meski Presiden Obama tidak menyebut nama, salah satu tokoh yang mengusulkan penolakan terhadap pengungsi Suriah Muslim adalah Senator Ted Cruz asal Texas, yang juga salah satu bakal capres dari Partai Republik. Ayah Cruz sendiri dulu mengungsi ke AS dari Kuba.

Penolakan terhadap pengungsi Suriah, meski tidak menyebut agama, juga disuarakan gubernur dari setidaknya lima negara bagian di AS. Masing-masing gubernur menyoroti bahwa setidaknya salah satu pelaku serangan di Paris yang menewaskan sedikitnya 129 orang, menyelinap masuk Eropa dalam gelombang pengungsi yang melarikan diri dari perang saudara Suriah.

Menurut Gubernur Michigan, Rick Snyder, wilayah utara dan tengah AS tempat Michigan berada punya, "sejarah kaya akan imigrasi." Tetapi menurutnya, "Prioritas kami adalah melindungi keamanan warga kami."

Sementara Gregg Abbot, Gubernur Texas, mengirim surat kepada Presiden Obama dan menyangsikan kemampuan pemerintah federal memastikan bahwa pengungsi yang masuk benar-benar bukan ancaman keamanan.

Gubernur Louisiana, Bobby Jindal, yang juga bakal capres Partai Republik baru menerbitkan keputusan gubernur untuk memblokir masuknya pengungsi Suriah ke negara bagiannya.

Dua negara bagian lain, Alabama dan Arkansas juga menolak relokasi pengungsi Suriah ke wilayah mereka. Saat ini hampir 2 ribu pengungsi Suriah telah ditampung AS dan rencananya 10 ribu lagi akan diproses untuk masuk. Menurut Presiden Obama para pengungsi yang diterima AS terlebih dulu menjalani proses penyaringan yang ketat.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG