Tautan-tautan Akses

AS

Obama: Terorisme Nuklir Tetap Jadi Ancaman Terbesar Dunia


Presiden Barack Obama berpidato dalam simposium kerjasama untuk pengurangan ancaman Nunn-Lugar (CTR) di Washington DC (3/12).

Presiden Barack Obama berpidato dalam simposium kerjasama untuk pengurangan ancaman Nunn-Lugar (CTR) di Washington DC (3/12).

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan terorisme nuklir masih salah satu ancaman keamanan terbesar dunia, walaupun persediaan nuklir AS dan Rusia sudah berhasil dikurangi.

Presiden Obama mengatakan hari Senin (3/12) bahwa teroris dan komplotan penjahat sedang melakukan berbagai usaha untuk dapat memperoleh bahan nuklir, biologis dan kimia. Ia mengatakan bahan-bahan ini sedang disimpan tanpa perlindungan yang cukup.

Menurut Obama, dunia tidak dapat membiarkan abad ke-21 digelapkan oleh senjata paling buruk abad ke-20.

Obama juga menghendaki diperbaharuinya persetujuan dengan Rusia, yang telah mengumumkan tidak akan memperpanjang partisipasinya dalam perjanjian Nunn-Lugar – undang-undang yang berusia 20 tahun yang melenyapkan persediaan misil nuklir dan senjata kimia di bekas Uni Soviet.

Presiden Obama mengatakan bahwa berkat Nunn-Lugar, ribuan misil, pesawat pembom dan kapal selam telah dihancurkan atau di non-aktifkan.

Program Kerjasama Pengurangan Ancaman Nunn-Lugar adalah hasil pemikiran mantan Senator dari partai Demokrat Sam Nunn dan Senator dari Partai Republik Richard Lugar yang akan segera pensiun.
XS
SM
MD
LG