Tautan-tautan Akses

AS

Obama Terima PM Italia di Gedung Putih


Presiden AS Barack Obama (kanan) dan Michelle Obama bersama tamunya, PM Italia Matteo Renzi dan istrinya Agnese Landini di Gedung Putih hari Selasa (18/10).

Presiden AS Barack Obama (kanan) dan Michelle Obama bersama tamunya, PM Italia Matteo Renzi dan istrinya Agnese Landini di Gedung Putih hari Selasa (18/10).

Presiden Amerika Barack Obama hari Selasa (18/10) menyambut kedatangan Perdana Menteri Italia Matteo Renzi ke Gedung Putih.

Ini terakhir kalinya Presiden Barack Obama menerima kunjungan kenegaraan resmi seorang pemimpin asing pada masa kepresidenannya.

Perdana Menteri Italia Matteo Renzi itu dan istrinya hari Selasa disambut di halaman Gedung Putih dengan upacara penyambutan militer penuh. Kelompok-kelompok warga Amerika keturunan Italia yang diundang juga menyaksikan upacara tersebut.

“Jika berkenaan dengan Italia dan Amerika Serikat, kondisi-kondisi dasarnya tak pernah sejelas ini. Kita bersatu bukan hanya oleh kepentingan tetapi juga oleh nilai-nilai kita. Oleh kecintaan kita akan kebebasan, oleh komitmen kita terhadap martabat setiap manusia. Ini sebabnya saya dapat katakan tanpa ragu bahwa Italia adalah salah satu sekutu terkuat kami dan sahabat terdekat kami,” kata Obama.

Dalam pernyataannya, Renzi memuji Obama yang berhasil mengubah negaranya yang dilanda krisis.

“Hari demi hari, Anda membuat perubahan yang memperbaiki kehidupan, membantu lingkungan dan menciptakan kesempatan bagi orang miskin. Menurut saya ada banyak orang yang mengira politik hanyalah mengenai teriakan, pertikaian satu sama lain, kebencian, menciptakan perpecahan. Anda berbeda, Presiden, kita berbeda,” ujarnya.

Seusai upacara, kedua pemimpin mengadakan pembicaraan bilateral di kantor presiden. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG