Tautan-tautan Akses

Obama Terima Pengunduran Direktur Dinas Pajak AS


Presiden Obama menerima pengunduran diri direktur sementara IRS Steven Millier hari Rabu (15/5).

Presiden Obama menerima pengunduran diri direktur sementara IRS Steven Millier hari Rabu (15/5).

Presiden AS Barack Obama menerima pengunduran diri direktur Dinas Urusan Pajak AS (IRS) terkait skandal pengawasan berlebihan terhadap beberapa organisasi konservatif.

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan direktur sementara Dinas Urusan Pajak Amerika IRS Steven Millier telah mengajukan pengunduran diri terkait skandal IRS yang menarget beberapa organisasi konservatif.

Presiden Obama menambahkan ia telah memerintahkan Menteri Keuangan Jack Lew untuk mewujudkan jaring perlindungan yang lebih baik untuk mencegah tindakan tidak layak semacam itu oleh para petugas pajak di masa depan.

Berbicara dari Ruang Timur Gedung Putih Rabu sore, Presiden Obama mengatakan kesalahan IRS “tidak dapat dimaafkan” dan tidak dapat ditolerir. Presiden Obama mengatakan Menteri Keuangan Jack Lew meminta dan menerima pengunduran diri direktur sementara IRS itu untuk menciptakan kepemimpinan baru di badan perpajakan itu.

Presiden Obama mengatakan ia akan melakukan apapun semampunya untuk memastikan agar persoalan ini tidak terulang lagi, dan ia akan bekerjasama dengan Kongres yang berperan mengawasi hal ini. Presiden Obama juga mengingatkan sikap politik partisan yang berlebihan dalam menangani persoalan ini.

Presiden Obama menyampaikan pernyataannya beberapa jam setelah Jaksa Agung Eric Holder mengatakan penyidikan kriminal atas IRS bisa mencakup kemungkinan pelanggaran hak-hak sipil, pernyataan palsu dan kemungkinan pelanggaran Hatch Act yang melarang karyawan federal terlibat dengan aktivitas-aktivitas politik partisan.

Eric Holder yang memberi kesaksian di hadapan Komite Kehakiman DPR hari Rabu, memerintahkan penyidikan pekan lalu setelah IRS mengakui pihaknya telah mengawasi beberapa organisasi konservatif secara berlebihan ketika mereka memohon status pengecualian pajak.
XS
SM
MD
LG