Tautan-tautan Akses

AS

Obama: Tanggapan terhadap Suriah atas Dasar Kepentingan AS


Presiden AS Barack Obama memberik pernyataan soal Suriah dalam konferensi pers bersama Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye hari Selasa (7/5).

Presiden AS Barack Obama memberik pernyataan soal Suriah dalam konferensi pers bersama Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye hari Selasa (7/5).

Presiden AS Barack Obama mengatakan tanggapan AS bagi perang saudara di Suriah akan dilakukan atas dasar kepentingan keamanan Amerika.

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan “keputusannya” untuk menentukan cara mempercepat sebuah penyelesaian bagi perang saudara di Suriah adalah apakah setiap langkah itu adalah terbaik demi kepentingan keamanan Amerika.

Berbicara pada konferensi pers hari Selasa dengan Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye, yang sedang berkunjung, Obama mengatakan ia akan bertindak “secara hati-hati” berdasarkan “analisis terbaik” mengenai situasi di Suriah.

Sebelumnya Presiden Obama mengatakan penggunaan senjata kimia akan menjadi “garis merah” yang akan mengubah perhitungannya mengenai cara untuk bertindak. Dalam konferensi pers, ia mengatakan komunitas internasional mengetahui ia menuntaskan komitmennya.

Obama menyebut tentang keputusannya untuk memerintahkan penyerbuan Amerika yang menewaskan Osama bin Laden tahun 2011 dan keikutsertaannya dalam kampanye NATO yang membantu pemberontak Libya menyingkirkan diktator Moammar Gadhafi akhir tahun 2011.

Dalam langkah diplomatik Amerika yang terbaru mengenai Suriah Menteri Luar Negeri John Kerry, hari Selasa bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow dan menyampaikan harapan kedua kekuatan dunia itu akan menemukan “persamaan”.

Putin mengatakan ia berharap untuk bekerjasama dengan Washington mengenai masalah-masalah sekarang ini tanpa merincinya lebih jauh.
XS
SM
MD
LG