Tautan-tautan Akses

Obama Tandatangani UU Sanksi Tambahan atas Rusia


Presiden AS Barack Obama bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin dalam KTT APEC bulan lalu (foto: dok).

Presiden AS Barack Obama bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin dalam KTT APEC bulan lalu (foto: dok).

Presiden Obama menandatangani RUU yang ditetapkan oleh Kongres AS yang mengesahkan sanksi lebih lanjut atas Rusia karena perannya dalam krisis Ukraina.

Presiden AS Barack Obama mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Kamis (18/12) bahwa walaupun ia menandatangani UU Dukungan Kemerdekaan Ukraina tahun 2014, itu tidak berarti adanya perubahan" dalam kebijakan sanksi yang dijalankan pemerintah.

Obama mengatakan pada saat ini, pemerintah tidak bermaksud menjatuhkan sanksi dengan menggunakan UU ini, tapi UU tersebut memberi pemerintah " kekuasaan tambahan yang dapat digunakan, jika kondisinya memungkinkan.”

UU itu memberi wewenang kepada pemerintah AS untuk menjatuhkan sanksi lebih lanjut terhadap Rusia atas aneksasi semenanjung Krimea dan dukungan terhadap separatis di Ukraina timur. UU ini juga memberi izin bantuan $ 350 juta dalam bentuk bantuan senjata dan non-senjata kepada pemerintah Ukraina, termasuk senjata anti-tank, amunisi dan pesawat pengintai tanpa awak.

Presiden Obama mengatakan dalam pernyataannya hari Kamis bahwa kebijakan sanksi-sanksi pemerintahannya atas tindakan Rusia di Ukraina telah "secara hati-hati disesuaikan dengan perkembangan di lapangan dan dikoordinasikan dengan sekutu dan mitra-mitra kami."

Hari Kamis, Uni Eropa menjatuhkan sanksi baru terhadap Krimea, yang menurut Rusia "jelas-jelas tidak dapat diterima."

XS
SM
MD
LG