Tautan-tautan Akses

Obama Tandatangani RUU, Pemerintah AS Kembali Beroperasi


Para anggota DPR AS meninggalkan Gedung Capitol setelah melakukan pemungutan suara larut malam untuk RUU fiskal (16/10). (Reuters/Jonathan Erns)

Para anggota DPR AS meninggalkan Gedung Capitol setelah melakukan pemungutan suara larut malam untuk RUU fiskal (16/10). (Reuters/Jonathan Erns)

Gedung Putih memerintahkan semua badan pemerintah untuk segera beroperasi kembali dan para pegawai federal yang dirumahkan di seluruh negeri harus kembali bekerja Kamis.

Pemerintah Amerika Serikat beroperasi kembali Kamis setelah Kongres menyepakati langkah bipartisan untuk mengakhiri penutupan pemerintah secara parsial yang telah berlangsung 16 hari, dan mencegah penunggakan utang.

Kamis dini hari (17/10), Presiden Barack Obama menandatangani rancangan undang-undang yang diloloskan Dewan Perwakilan dan Senat pada Rabu larut malam, mengakhiri perseteruan dengan para wakil rakyat dari Partai Republik yang mencoba menggunakan legislasi itu untuk menghambat undang-undang kesehatan yang digagas Presiden.

Gedung Putih memerintahkan semua badan pemerintah untuk segera beroperasi kembali dengan rapi. Para pegawai federal yang dirumahkan di seluruh negeri harus kembali bekerja Kamis.

Kebuntuan telah menutup taman-taman dan monumen nasional, dan menutup sebagian besar NASA, Badan Perlindungan Lingkungan serta Departemen Dalam Negeri.
Smithsonian Institution mengumumkan bahwa museum-museum kembali buka Kamis, sementara Kebun Binatang Nasional di Washington dibuka Jumat.

Standard & Poor's memperkirakan bahwa penutupan pemerintahan secara parsial itu mengakibatkan kerugian negara US$24 miliar, dan badan pemeringkat kredit Fitch mengingatkan Selasa bahwa mereka akan mengkaji kembali peringkat AAA dari Amerika Serikat dan kemungkinan akan menurunkannya.
XS
SM
MD
LG