Tautan-tautan Akses

Obama Tandatangani Perjanjian Pengurangan Senjata Nuklir


Obama tiba di Praha hari Kamis, di mana ia disambut oleh Presiden Ceko Vaclav Klaus.

Presiden Amerika Barack Obama sedang berada di Republik Ceko untuk menandatangani perjanjian pengurangan senjata nuklir dengan Presiden Rusia Dmitri Medvedev.

Obama tiba di Praha hari Kamis, di mana dia disambut oleh Presiden Ceko Vaclav Klaus. Obama kemudian bertemu dengan Presiden Medvedev untuk mengadakan pembicaraan bilateral yang diperkirakan akan terpusat pada program nuklir Iran, kerusuhan di Kyrgyzstan, dan pertahanan misil Amerika di Eropa.

Setelah pembicaraan itu, pemimpin Amerika dan pemimpin Rusia itu akan menandatangani perjanjian baru yang akan mengurangi senjata nuklir kedua negara sampai sebanyak 30 persen, menyisakan masing-masing negara sekitar 1.500 senjata nuklir strategis.

Perjanjian itu akan menggantikan Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis (START) tahun 1991 yang sudah kadaluwarsa. Perjanjian ini dicapai setelah pembicaraan hampir setahun antara juru runding Amerika dan Rusia. Presiden Obama menyebut perjanjian ini perjanjian pengawasan senjata paling lengkap dalam 20 tahun.

XS
SM
MD
LG