Tautan-tautan Akses

Obama Tak Akan Ambil Tindakan Militer di Ukraina


Presiden AS Barack Obama berbicara mengenai ekonomi, Irak dan Ukraina, Kamis (28/8). (AP/Charles Dharapak)

Presiden AS Barack Obama berbicara mengenai ekonomi, Irak dan Ukraina, Kamis (28/8). (AP/Charles Dharapak)

Obama mengatakan Washington akan mendukung dengan kuat sekutu-sekutunya di Eropa untuk mengatasi krisis itu.

Presiden Amerika Barack Obama telah menyatakan Amerika tidak akan mengambil tindakan militer untuk membendung peningkatan kekerasan yang didukung Rusia di Ukraina, tetapi mengatakan Washington akan mendukung dengan kuat sekutu-sekutunya di Eropa untuk mengatasi krisis itu.

Ketika berbicara hari Kamis, Obama tidak sampai mengatakan tindakan militer Rusia baru-baru ini di Ukraina timur pendudukan. Ia mengatakan Rusia sudah berminggu-minggu “dengan sengaja dan berkali-kali” melanggar keutuhan wilayah Ukraina, dan memperingatkan bahwa Moskow kemungkinan akan menghadapi sanksi ekonomi tambahan dari Barat.

Presiden Obama juga mengatakan ia telah berbicara dengan Kanselir Jerman Angela Merkel mengenai keadaan di Ukraina. Gedung Putih kemudian mengeluarkan pernyataan yang mengatakan kedua pemimpin menekankan kembali tekad mereka untuk terus berusaha mencapai solusi diplomatik.

Presiden berbicara kepada para wartawan hanya beberapa jam setelah Presiden Ukraina Petro Poroshenko mengatakan tentara dan persenjataan Rusia telah menyeberang perbatasan dan memasuki Ukraina timur serta merebut kota pelabuhan Novoazovsk.

Para pejabat pertahanan Ukraina mengatakan panser-panser Rusia telah mengelilingi kota itu dan bahwa beberapa desa di dekatnya juga telah direbut.

XS
SM
MD
LG