Tautan-tautan Akses

AS

Obama: Tak Ada Tempat bagi Kekerasan Seksual dalam Militer AS


Presiden Barack Obama berpidato pada hari wisuda Akademi Angkatan Laut AS di kota Annapolis, Maryland (24/5).

Presiden Barack Obama berpidato pada hari wisuda Akademi Angkatan Laut AS di kota Annapolis, Maryland (24/5).

Presiden Obama hari Jumat (24/5) berpidato pada hari wisuda Akademi Angkatan Laut Amerika di Annapolis, negara bagian Maryland, tidak jauh dari Washington, DC.

Presiden AS Barack Obama menggunakan kesempatan dalam pidato wisuda Angkatan Laut AS itu untuk mengemukakan sebagian kontroversi sekarang ini yang berdampak pada militer Amerika.

Kepada para wisudawan militer, Presiden Obama mengatakan, militer tetap lembaga terpecaya di Amerika. Namun demikian, bahkan dalam militer, mereka harus menyadari, perilaku tak layak oleh segelintir orang bisa berdampak jauh dan luas.

Sebagai contoh, ia mengatakan, dalam era digital, gambar-gambar pelanggaran tentara bisa "meluas" dan membahayakan pasukan serta merongrong upaya-upaya mewujudkan keamanan dan perdamaian. Ia juga menyebut tentang kasus pelecehan seksual di kalangan anggota militer baru-baru ini.

Laporan Pentagon baru-baru ini menyebutkan jumlah serangan seksual di kalangan orang-orang di militer meningkat 37 persen tahun lalu. Laporan itu memperkirakan 26 ribu kasus pelecehan seksual tahun lalu, tapi ribuan korban masih bungkam.

Presiden Obama mengatakan ia bertekad menghentikan masalah itu, dan menyatakan "tidak ada tempat" bagi kekerasan seksual dalam militer.

Selain itu, penangkapan personil militer baru-baru ini atas tuduhan serangan seksual menambah malu militer. Kenyataan itu mendorong beberapa anggota Kongres memperkenalkan undang-undang yang mengusulkan hukuman lebih berat terhadap serangan seksual dalam militer.
XS
SM
MD
LG