Tautan-tautan Akses

Obama Soroti Ukraina dalam Pidato di Warsawa


Presiden AS Barack Obama memberikan pidato pada peringatan 25 tahun 'Hari Kebebasan' di Warsawa, Polandia, Rabu (4/6).

Presiden AS Barack Obama memberikan pidato pada peringatan 25 tahun 'Hari Kebebasan' di Warsawa, Polandia, Rabu (4/6).

Presiden AS Barack Obama Rabu (4/6) mengatakan, dunia yang bebas bersatu menentang apa yang ia sebut taktik gelap Rusia di Ukraina.

Presiden AS Barack Obama mengatakan dunia harus berpihak pada mereka yang mencari kebebasan sewaktu ia membandingkan reformasi yang sedang berlangsung di Ukraina dewasa ini dan pemilu di Polandia 25 tahun lalu yang menandai awal berakhirnya komunisme.

Berbicara hari Rabu (4/6), pada sebuah upacara Hari Kebebasan di Warsawa, Obama memuji pemilu pertama yang sebagian bebas di Polandia pada 1989 sebagai kemenangan meyakinkan bagi kebebasan.

Ia mengatakan, kini dunia yang bebas bersatu menentang apa yang ia sebut taktik gelap Rusia di Ukraina, di mana Maret lalu pasukan Rusia mengambil alih kekuasaan atas Krimea.

Sebelum upacara itu, Obama bertemu presiden terpilih Ukraina Petro Poroshenko di Warsawa dan mengumumkan bantuan nonmiliter senilai 5 juta dolar untuk membantu pasukan militer negara itu dalam upaya memerangi separatis pro-Rusia di Ukraina Timur. Dana bantuan itu untuk membeli baju pelindung, kaca mata untuk malam hari dan peralatan komunikasi.

Obama juga mengatakan masyarakat internasional harus mendukung upaya-upaya untuk berunding dengan Rusia dan memastikan agar Rusia tidak membiayai, mempersenjatai atau membantu separatis di Ukraina. Ia mengatakan dunia harus bersedia menerapkan sanksi-sanksi terhadap Rusia.

Obama telah tiba di Brussels, untuk menghadiri acara makan malam dengan para pemimpin negara-negara Kelompok 7 (G-7). Mereka akan melakukan pembicaraan lebih lanjut pada hari Kamis.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG