Tautan-tautan Akses

Obama: Solidaritas G-7 soal Rusia Tinggi


Presiden AS Barack Obama memuji solidaritas G-7 menyangkut krisis Ukraina, di Brussels (5/6).

Presiden AS Barack Obama memuji solidaritas G-7 menyangkut krisis Ukraina, di Brussels (5/6).

Presiden AS Barack Obama mengatakan, tingkat solidaritas di antara Amerika dan negara-negara anggota Uni Eropa menyangkut krisis Ukraina sangat tinggi.

Presiden AS Barack Obama berbicara di Brussels, di mana para pemimpin negara industri yang tergabung dalam kelompok 7 (G-7) mengadakan pertemuan hari Kamis (5/6).

Pembicaraan itu telah terfokus pada pengaruh sanksi-sanksi terhadap Rusia karena aneksasinya terhadap semenanjung Krimea.

Obama mengatakan, pertemuan itu menegaskan perlunya keamanan energi yang lebih besar di Eropa dan menjanjikan bantuan Amerika bagi negara-negara Eropa Timur untuk memperkokoh suplai energi mereka. Pernyataannya itu muncul dalam sebuah konperensi pers bersama dengan PM Inggris David Cameron, Kamis.

PM Cameron, tidak seperti Obama, berencana bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pertemuan tatap muka Kamis ini. Cameron mengatakan ia berencana berbicara dengan Putin mengenai tuntutan-tuntutan yang digariskan para anggota G-7 secara keseluruhan – yakni menghormati hasil pemilihan presiden Ukraina, menghentikan aliran pejuang dan senjata ke bagian timur negara itu, dan benar-benar menarik pasukannya dari perbatasan dengan Ukraina.

Obama kemudian akan terbang ke Paris untuk makan malam dengan Presiden Perancis Francois Hollande.
XS
SM
MD
LG