Tautan-tautan Akses

Obama Skeptis Perundingan Nuklir Iran Hasilkan Terobosan Cepat


Presiden Barack Obama saat memberikan keterangan pers di Gedung Putih, Selasa (6/3).

Presiden Barack Obama saat memberikan keterangan pers di Gedung Putih, Selasa (6/3).

Presiden Obama mengatakan ia tidak mengharapkan adanya terobosan dalam pertemuan pertama dengan Iran ketika masyarakat internasional melanjutkan perundingan mengenai program nuklir Iran.

Berbicara dalam jumpa pers di Gedung Putih hari Selasa, Presiden Amerika Barack Obama mengatakan, masyarakat internasional bisa menilai keseriusan Iran dalam perundingan itu.

Katanya untuk menyelesaikan isu tersebut Iran harus datang ke meja perundingan dan membicarakan “secara jelas dan jujur” bagaimana Iran akan membuktikan kepada masyarakat internasional tujuan-tujuan damai program nuklirnya.

Mengenai Israel dan sarannya bisa menyerang fasilitas-fasilitas nuklir Iran, Presiden Obama mengatakan Israel adalah negara berdaulat yang harus membuat keputusan sendiri mengenai cara terbaik menjaga keamanannya. Tapi ia mengatakan adalah kepentingan setiap orang untuk melihat masalah itu diselesaikan dengan cara damai. Ia mengatakan pandangan bahwa masyarakat internasional harus membuat pilihan dalam dua minggu ke depan atau bahkan dua bulan “tidak didukung fakta-fakta”.

Obama mengatakan masalah itu bukan hanya masalah konsekwensi bagi Israel jika dilakukan terlalu dini, namun juga menjadi konsekwensi Amerika dan mengatakan penting untuk melakukan pendekatan yang hati-hati, bijaksana dan penuh kesadaran.

XS
SM
MD
LG