Tautan-tautan Akses

Obama Siap Sambut 50 Pemimpin Afrika di Washington


Obama

Obama

Presiden Amerika Barack Obama siap menyambut kedatangan hampir 50 pemimpin Afrika ke Washington hari Senin dalam KTT yang ia gambarkan sebagai belum pernah terjadi.

Kepada wartawan hari Jumat, Presiden Obama mengatakan, Amerika harus lebih terlibat dengan Afrika, dan menyatakan KTT ini kesempatan untuk mengatasi isu-isu dan keamanan di benua itu.

Wabah virus Ebola di Afrika Barat tampaknya juga akan dibahas dalam KTT itu. Menurut Obama, sebelum memasuki Amerika, pemimpin Afrika dari negara-negara yang berisiko akan diperiksa untuk mengetahui ada tidaknya penyakit tersebut.

Pimpinan Sierra Leone dan Liberia membatalkan perjalanan mereka ke KTT di Washington untuk mengatasi wabah Ebola yang mematikan di negara mereka.

Pejabat-pejabat Amerika mengatakan semua negara diundang untuk mengirim delegasi ke KTT tiga hari itu, dengan sebagian besar dari mereka dipimpin presiden, tetapi beberapa oleh wakil presiden atau pejabat pemerintah lainnya. Mereka mengatakan hanya empat pemimpin yang tidak diundang ke KTT itu yaitu presiden Zimbabwe, Sudan, Eritrea, dan Republik Afrika Tengah.

Gedung Putih mengatakan tidak ada rencana pertemuan bilateral antara Obama dan presiden Afrika mana pun. Namun, mereka mengatakan, Presiden Obama akan menjadi tuan rumah makan malam gala untuk semua pemimpin Afrika itu hari Selasa.

XS
SM
MD
LG