Tautan-tautan Akses

AS

Obama Serukan Langkah Nyata untuk Atasi Senjata Api


Presiden Obama, didampingi Wapres Joe Biden, menyerukan Kongres AS segera mengambil langkah-langkah nyata untuk mengatasi kekerasan senjata api, Kamis (28/3).

Presiden Obama, didampingi Wapres Joe Biden, menyerukan Kongres AS segera mengambil langkah-langkah nyata untuk mengatasi kekerasan senjata api, Kamis (28/3).

Presiden Obama menyerukan itu di Gedung Putih Kamis (28/3), dengan latar belakang para orangtua anak yang baru-baru ini tewas dalam kekerasan senjata api.

Presiden Barack Obama mengatakan sekarang adalah kesempatan terbaik Amerika selama lebih dari satu dekade untuk mengambil, yang menurutnya “langkah-langkah masuk akal” untuk mensahkan UU yang akan menyelamatkan nyawa dari kekerasan senjata api.

Presiden Obama berkomentar demikian di Gedung Putih hari Kamis dengan latar belakang para orangtua anak yang baru-baru ini tewas dalam kekerasan senjata api.

Komentar itu dikemukakan setelah penembakan di salah satu SD di Newton di negara bagian Connecticut. Laki-laki bersenjata usia 20 tahun itu menembak ibunya di rumah mereka di Newton 14 Desember sebelum mengemudikan mobilnya ke SD Sandy Hook dan membunuh 20 anak dan enam orang dewasa.

Presiden Obama hari Kamis mengatakan 90 persen warga Amerika mendukung adanya pengecekan latar belakang yang universal terhadap orang yang membeli senjata api agar jangan sampai ke tangan para kriminal dan orang yang diketahui bisa berbahaya bagi diri mereka dan orang lain. Ia mendesak warga Amerika untuk mencari tahu bagaimana sikap para wakil mereka di Kongres dan mendesak mereka untuk mensahkan peraturan segera ke arah pengekangan kekerasan senjata api.

Kongres akan melakukan voting mengenai RUU untuk mengekang kekerasan senjata api dalam beberapa minggu mendatang.

Dalam perkembangan lainnya, Gedung Putih mengatakan Presiden Barack Obama akan merilis proposal anggaran federalnya tahun 2014 tanggal 10 April.

Berdasarkan UU, Presiden Obama seharusnya menyerahkan sebuah anggaran tanggal 4 Februari. Tapi hari Kamis para staff Gedung Putih mengatakan tarik ulur di Kongres mengenai pengeluaran pemerintah dan tahun perpajakan 2013 dan menunda pengumuman proposal anggaran presiden untuk tahun depan.

DPR yang dikuasai pihak Republik dan Senat yang dikuasai pihak Demokrat mensahkan dana anggaran yang bersaing bulan ini. Rencana Presiden Obama diperkirakan akan menciptakan perselisihan lebih jauh mengenai bagaimana cara memangkas defisit pemerintah yang luar biasa besar itu.

Rencana anggaran yang diajukan Senat Amerika menciptakan sekitar 1 trilyun dolar dalam pendapatan baru melalui kenaikan pajak dalam sepuluh tahun mendatang. Versi DPR hendak menyeimbangkan anggaran dalam dekade berikutnya melalui reduksi besar dalam pengeluaran tanpa menaikkan pajak.
XS
SM
MD
LG