Tautan-tautan Akses

AS

Obama, Pemimpin Baru Senat AS Siap Kerjasama


Senator Republik Mitch McConnell dipastikan memimpin mayoritas Senat AS yang kini dikuasai Partai Republik (5/11).

Senator Republik Mitch McConnell dipastikan memimpin mayoritas Senat AS yang kini dikuasai Partai Republik (5/11).

Senator Republik Mitch McConnell dari Kentucky yang dipastikan akan memimpin mayoritas Senat mengatakan ia akan bekerja sama dengan Presiden Obama.

Dengan berakhirnya pemilihan anggota Kongres AS hari Selasa (4/11) lalu, Presiden Amerika Barack Obama ingin mencapai kesamaan dengan anggota kongres dari Partai Republik yang akan mengambil alih kontrol penuh atas Kongres mulai Januari tahun depan.

Presiden Obama telah mengundang para pemimpin Kongres ke Gedung Putih hari Jumat (7/11) untuk membahas berbagai prioritas legislatif. Partai Demokrat menderita kekalahan besar dalam pemilu hari Selasa itu, sementara Partai Republik memenangkan kursi yang cukup untuk mengontrol Senat dan memperkokoh kekuasaan mereka di DPR.

Presiden Obama mengatakan kepada para wartawan hari Rabu bahwa dia yakin ada beberapa isu yang dapat disetujui oleh kedua partai politik yang saling bersaing itu.

Sementara itu, senator Republik Mitch McConnell dari Kentucky yang dipastikan akan memimpin mayoritas Senat mengatakan ia akan bekerja sama dengan Presiden Obama untuk mendapat persetujuan atas pakta perdagangan internasional dan reformasi pajak. Dia juga mengatakan bahwa dia dan Presiden Obama sepakat dalam pembicaraan telepon untuk mencari isu-isu di mana mereka bisa mencapai kesepakatan.

Senator McConnell mengatakan satu pesan pemilu yang baru berlalu itu adalah bahwa pemerintah yang terpecah secara politik tidak perlu terus mengakibatkan kebuntuan di Washington.

XS
SM
MD
LG