Tautan-tautan Akses

Obama Sampaikan Ucapan Selamat kepada Nawaz Sharif


Presiden Amerika Barack Obama telah menyampaikan ucapan selamat melalui telepon kepada Nawaz Sharif (kanan).

Presiden Amerika Barack Obama telah menyampaikan ucapan selamat melalui telepon kepada Nawaz Sharif (kanan).

Nawaz Sharif tampaknya akan menjadi PM baru Pakistan, setelah Partai Liga Muslim Pakistan yang dipimpinnya memenangkan pemilu parlemen.

Presiden Amerika Barack Obama telah menyampaikan ucapan selamat melalui telepon kepada Nawaz Sharif yang tampaknya akan menjadi Perdana Menteri baru Pakistan. Partai Liga Muslim Pakistan pimpinan Nawaz Sharif memenangkan pemilu parlemen hari Sabtu.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan Amerika dan Pakistan sudah sejak lama bekerjasama. Ia menambahkan Presiden Obama berharap untuk selanjutnya bisa bekerjasama dengan pemerintah Pakistan. Ia juga memuji para pemilih Pakistan yang dalam jumlah besar memberi suara meskipun menghadapai intimidasi para ekstrimis.

Hasil resmi hari Selasa menunjukkan setelah hampir seluruh suara selesai dihitung, Partai Liga Muslim Pakistan pimpinan Nawaz Sharif telah memenangkan mayoritas kursi parlemen. Partainya akan menguasai 123 dari 272 kursi. Nawaz Sharif hanya membutuhkan dukungan kelompok-kelompok independen untuk memperoleh dukungan mayoritas di parlemen.

Partai Rakyat Pakistan yang sebelumnya berkuasa – memenangkan 31 kursi, sementara Partai Tehreek-e-Insaf pimpinan bintang kriket Imran Khan meraih 26 kursi.
XS
SM
MD
LG