Tautan-tautan Akses

AS

Obama Sambut Pembebasan Tentara Amerika yang Disandera Taliban


Orang tua Sersan Bowe Bergdahl bersama Presiden Obama di Gedung Putih.

Orang tua Sersan Bowe Bergdahl bersama Presiden Obama di Gedung Putih.

Seorang tentara AS yang disandera di Afghanistan selama hampir 5 tahun telah diserahkan kepada pasukan AS dalam pertukaran dengan 5 pemberontak Afghanistan yang ditahan di penjara militer Amerika di Guantanamo Bay, Kuba.

Sersan Bowe Bergdahl dibebaskan Taliban setelah negosiasi berbulan-bulan yang ditengahi pemerintah Qatar. Bergdahl telah menjalani pemeriksaan awal di pangkalan Amerika di Afghanistan sebelum diterbangkan ke rumah sakit militer Amerika di Landstuhl, Jerman.

Menteri pertahanan Amerika Chuck Hagel hari Minggu mengatakan dia berharap pertukaran tahanan ini akan menjadi terobosan dalam hubungan dengan militan. Dia menyampaikan komentar itu setelah kunjungan mendadak ke pangkalan udara Bagram di Afghanistan untuk membahas penarikan pasukan Amerika.

Para pejabat mengatakan penyerahan Bergdahl kepada pasukan khusus Amerika di dekat perbatasan Pakistan berlangsung dengan damai.

Beberapa jam setelah pembebasan itu, Presiden Barack Obama menjamu orang tua Bergdahl di Gedung Putih dan berterima kasih kepada para diplomat Qatar dan Afghanistan atas upaya mereka yang tidak kenal lelah untuk pembebasan tentara itu.

Presiden Obama berbicara didampingi Bob dan Jani Bergdahl, mengatakan Qatar telah memberi jaminan bahwa pembebasan kelima pemberontak itu ke Doha tidak akan membahayakan keamanan nasional Amerika Serikat.

Berdasarkan perjanjian pertukaran itu, tahanan dari Guantanamo tersebut dilarang meninggalkan Qatar paling sedikit selama 1 tahun.
XS
SM
MD
LG