Tautan-tautan Akses

AS

Obama Sahkan UU Anggaran Departemen Keamanan Dalam Negeri


Presiden Obama telah mengesahkan UU anggaran untuk Departemen Keamanan Dalam Negeri, 27 Februari 2015 (Foto: dok).

Presiden Obama telah mengesahkan UU anggaran untuk Departemen Keamanan Dalam Negeri, 27 Februari 2015 (Foto: dok).

Anggaran itu mendanai departemen yang tugasnya mencakup patroli perbatasan, pengamanan di bandara dan menjalankan Garda Pantai Amerika.

Presiden Amerika Barack Obama telah mengesahkan UU anggaran untuk Departemen Keamanan Dalam Negeri – tetapi hanya untuk seminggu – dan untuk sementara menghindari penutupan operasi lembaga yang memiliki sejumlah fungsi kontra-terorisme itu.

UU itu ditandatangani Jumat malam (27/2), hanya beberapa menit sebelum tenggat tengah malam sebelum anggaran departemen itu kadaluwarsa.

Obama dan Partai Demokrat pimpinannya sebelumnya menginginkan anggaran untuk setahun, tetapi dihambat Partai Republik yang menguasai Kongres.

DPR mengesahkan anggaran sementara itu dengan suara 357 berbanding 60, tidak lama setelah Senat mengesahkannya. Kini Kongres mempunyai waktu seminggu untuk mengatasi berbagai isu yang masih disengketakan guna menghindari kejadian serupa.

Anggaran itu mendanai departemen yang tugasnya mencakup patroli perbatasan, pengamanan di bandara dan menjalankan Garda Pantai Amerika. Tanpa anggaran, sekitar 30.000 pegawai pemerintah bisa dirumahkan dan 240.000 lainnya mungkin bekerja tanpa upah.

Anggaran itu telah diperdebatkan selama setahun. Yang menjadi sengketa adalah ketentuan imigrasi dalam UU itu yang menunda deportasi sejumlah imigran gelap sesuai perintah Presiden Barack Obama. Partai Republik berkeras perintah itu melampaui kewenangan Obama sebagai presiden.

Presiden Obama menangguhkan deportasi bagi para imigran yang masuk Amerika secara gelap karena dibawa orangtua mereka ketika masih kecil.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG