Tautan-tautan Akses

Obama, Romney Kampanye Terakhir di Negara-negara Bagian Kunci


Capres Mitt Romney (kiri) dan Presiden Barack Obama berebut suara di negara-negara bagian kunci atau disebut "swing states" (foto: dok).

Capres Mitt Romney (kiri) dan Presiden Barack Obama berebut suara di negara-negara bagian kunci atau disebut "swing states" (foto: dok).

Segelintir negara bagian AS akan menjadi penentu pemenang pilpres hari Selasa, karena beberapa negara bagian lainnya secara jelas mendukung Presiden Obama atau Romney.

Sehari sebelum hari pemilihan, Presiden Amerika Barack Obama dan penantangnya dari Partai Republik Mitt Romney berkampanye di beberapa negara bagian krusial, dalam upaya terakhir menggalang dukungan dan mematahkan kedudukan sama kuat dalam pemilihan presiden.

Di negara bagian Wisconsin, Presiden Obama menuduh Romney hendak mengemas ulang ide-ide buruk masa lalu dan menyatakan Amerika tidak akan maju tanpa kelas menengah yang kuat.

Dalam kampanye pagi yang riuh-rendah di negara bagian Florida, Romney mengatakan kepada pendukungnya, presiden dari Partai Demokrat tidak memenuhi janji-janji yang dibuatnya dalam memenangkan Pemilu tahun 2008.

Menurut analis politik Amerika, segelintir negara bagian di Amerika akan menentukan pemenang pada Pemilu hari Selasa, sedangkan selebihnya secara jelas sudah di tangan Presiden Obama atau Romney.

Pemilihan presiden Amerika tidak ditentukan oleh perolehan suara rakyat nasional, melainkan melalui sistem electoral college di mana penting-tidaknya suatu negara bagian dalam perolehan atas hasil Pemilu electoral college itu kira-kira setara dengan jumlah penduduk.

Selain di Wisconsin, presiden berkampanye di negarabagian Ohio dan terakhir di Iowa. Romney juga berkampanye di Ohio, Virginia dan New Hampshire. Survei Pemilu juga menunjukkan perolehan suara di negarabagian Colorado sama kuat.

Jutaan pemilih di seantero Amerika telah memberi suara berdasarkan peraturan Pemilu dini. Tetapi sebagian besar pemilih masih akan menuju ke tempat-tempat pemungutan suara di sekolah-sekolah, tempat-tempat pemadam kebakaran, gereja-gereja dan tempat lain hari Selasa. Banyak jajak pendapat menunjukkan posisi kedua calon sama kuat secara nasional.
XS
SM
MD
LG