Tautan-tautan Akses

Obama, Romney Cari Waktu yang Tepat Kembali Berkampanye


Akibat badai Sandy yang melanda pantai timur AS, Presiden Obama dan Capres Mitt Romney harus mengubah jadwal kampanye, kurang dari seminggu menjelang pilpres AS 6 November mendatang (foto: dok).

Akibat badai Sandy yang melanda pantai timur AS, Presiden Obama dan Capres Mitt Romney harus mengubah jadwal kampanye, kurang dari seminggu menjelang pilpres AS 6 November mendatang (foto: dok).

Kedua calon presiden Amerika mencari saat yang tepat untuk kembali melakukan acara kampanye, setelah gangguan akibat badai Sandy yang memorak-porandakan pantai timur Amerika.

Sementara Presiden Barack Obama memantau berbagai upaya bantuan kemanusiaan dan saingannya Mitt Romney berusaha menemukan nada kampanye yang tepat.

Romney dan calon wakil presidennya Paul Ryan awalnya mengumumkan akan membatakan sejumlah acara sebagai bukti kepekaan terhadap jutaan warga Amerika yang berada di jalur badai Sandy. Tetapi dengan waktu tersisa hanya seminggu dalam upaya mengalahkan Obama, kampanye Partai Republik kembali berjalan hari Selasa dengan sejumlah acara di negara bagian Ohio dan Iowa, dua negara bagian penting Amerika, meskipun ada beberapa perubahan dalam program tersebut.

Presiden Obama terus memantau upaya tanggap darurat sepanjang Senin malam, sementara badai Sandy bergerak masuk daratan Amerika. Ia berbicara dengan Gubernur New York Andrew Cuomo dan Gubernur New Jersey Chris Christie, dan mengumumkan status bencana darurat di kedua negara bagian itu.

Christie, tokoh Partai Republik yang berkampanye untuk Romney diseluruh penjuru Amerika, memuji kepemimpinan Obama. Dalam acara CBS This Morning hari Selasa, Christie mengatakan kerjasama dari Presiden Obama sangat mengagumkan dan pantas mendapat pengakuan.

Obama juga berbicara dengan para walikota New York, Jersey City dan Newark, dan menyediakan bantuan federal tambahan untuk upaya tanggap darurat lokal. Ia dijadwalkan kembali berbicara lewat telepon dengan para walikota dan gubernur yang wilayahnya terkena dampak badai Sandy.

“Saat ini saya tidak khawatir mengenai dampak badai terhadap pemilu. Saya khawatir mengenai dampaknya terhadap keluarga, terhadap tim tanggap darurat kita, terhadap ekonomi kita, dan terhadap transportasi. Pemilu akan berjalan sesuai jadwal minggu depan, tetapi prioritas utama saat ini adalah memastikan tidak ada korban jiwa,” kata Obama.

Sejumlah kantor pemilu di negara-negara bagian yang dilewati badai tutup, tetapi pencoblosan dini tetap berlangsung di berbagai lokasi yang terhindar badai.

Obama dijadwalkan melakukan sejumlah reli sepanjang hari Rabu di Ohio dan terus berkampanye hingga pemilu 6 November nanti. Belum jelas apakah tanggap darurat badai akan mempengaruhi jadwal tersebut.

Sementara itu, kubu Romney tadinya bergelut bagaimana menanggapi hal itu. Ketika Obama membatalkan acara kampanye di negara bagian penting Florida pada Senin pagi untuk kembali ke Gedung Putih dan memantau upaya tanggap darurat, kubu Romney awalnya mengatakan ia dan Ryan akan terus berkampanye mencari dukungan di berbagai lokasi yang jauh dari jalur badai. Kemudian direktur komunikasi kubu Romney, Gail Gitcho, mengumumkan sejumlah perubahan pada saat Romney berkampanye di Ohio, dan membatalkan semua jadwal acara bagi Romney dan Ryan.

Tetapi tampaknya mereka menyimpulkan bahwa Romney tidak bisa menyia-nyiakan waktu ditengah persaingan yang sangat ketat, dimana berbagai jajak pendapat menunjukkan Obama unggul di sejumlah negara bagian penting. Senin malam, mereka mengumumkan acara kampanye di Kettering, Ohio, dan menghimbau pendukungnya agar membawa bantuan makanan.

Kubu Romney juga mengumumkan kampanye di Des Moines, Iowa, akan tetap berjalan sesuai jadwal Selasa malam, dimana Ann Romney akan tampil atas nama suaminya. Ryan dijadwalkan mengunjungi kantor-kantor kampanye mereka di kampung halamannya Wisconsin untuk berterima kasih karena membantu mengumpulkan pasokan bantuan kemanusiaan bagi para korban badai.

Minggu lalu di Iowa, Romney mengatakan berbagai kebijakan Obama memperlambat pemulihan ekonomi Amerika.

“Yang menjadi masalah dalam ekonomi dibawah pemerintahan Obama bukan berbagai masalah yang diwariskan kepadanya, tetapi kebijakan ekonominya yang tidak tepat, yang memperlambat proses pemulihan dan membuat jutaan warga Amerika lebih lama menganggur dan miskin,” papar Romney.

Kubu Partai Republik hari Rabu akan memulai kampanye iklan di seluruh negara bagian Pennsylvania, yang lama dianggap sebagai pendukung Partai Demokrat. Belum pernah ada calon Partai Republik yang menang di sana dalam hampir seperempat abad terakhir.
XS
SM
MD
LG