Tautan-tautan Akses

Obama, Romney Beri Tanggapan Keliru dalam Debat Capres


Baik Mitt Romney (kiri) maupun Presiden Barack Obama (kanan) mengemukakan argumen dan informasi yang tidak akurat dalam debat Capres Senin malam (22/10).

Baik Mitt Romney (kiri) maupun Presiden Barack Obama (kanan) mengemukakan argumen dan informasi yang tidak akurat dalam debat Capres Senin malam (22/10).

Setelah debat presiden Amerika yang ketiga hari Senin malam (22/10), para analis menemukan beberapa hal baru yang tidak akurat tapi diulang-ulang oleh kedua kandidat.

Setelah debat presiden Amerika yang ketiga para analis menemukan beberapa hal baru yang tidak akurat tapi diulang-ulang dalam argumentasi kedua calon presiden mengenai berbagai topik mulai dari Irak sampai ke al-Qaida.

Tidak lama setelah debat hari Senin, para pakar mengecam Presiden Barack Obama karena menyalah artikan komentar Romney sebelumnya saat kampanye ketika kandidat Partai Republik itu mengatakan “tidak ada gunanya melakukan segala daya upaya dan menghabiskan milyaran dolar” untuk menangkap Osama bin Laden”.

Sementara Presiden Obama mengklaim Romney menganggap menemukan pemimpin teroris itu tidak penting, menurut para analis Romney mengatakan bahwa ia lebih suka pendekatan yang lebih luas dalam menghadapi al-Qaida dari pada melakukan pengejaran yang hanya berfokus pada pemimpinnya.

Obama juga mengundang kecaman karena mengatakan penentangnya menyebut mengakhiri perang di Irak “tragis”. Para pencari fakta mengatakan sewaktu Romney membuat komentar itu, ia menjelaskan bahwa ia hanya mengecam waktu penarikan mundur tersebut yang dianggapnya terlalu cepat.

Romney mengatakan angkatan laut Amerika sekarang lebih kecil dari sebelumnya sejak 1917 dan angkatan udara lebih tua dan lebih kecil dari sejak didirikan tahun 1947. Tapi para pakar mengatakan mempunyai armada kapal atau pesawat udara yang lebih kecil bukan berarti militer menjadi lemah, faktanya perubahan dan teknologi baru mungkin membuat armada yang besar tidak diperlukan.

Obama membalas dengan gurauan bahwa karena perubahan kebutuhan militer, pasukan Amerika juga tak banyak lagu punya kuda dan bayonet..

Romney salah bicara ketika ia mengatakan Suriah dan Iran adalah sekutu karena Suriah adalah “jalur Iran ke laut”. Iran punya jalur laut sendiri dan tidak punya perbatasan daratan dengan Suriah.
XS
SM
MD
LG