Tautan-tautan Akses

Obama, Raja Saudi Hadapi Perbedaan Jelang KTT Riyadh


Raja Saudi Abdullah (kiri) akan menjadi tuan rumah KTT di Riyadh yang dihadiri oleh Presiden Obama (foto: dok).

Raja Saudi Abdullah (kiri) akan menjadi tuan rumah KTT di Riyadh yang dihadiri oleh Presiden Obama (foto: dok).

Presiden AS Barack Obama akan mengadakan pertemuan puncak Jumat di Arab Saudi dengan Raja Abdullah untuk mengatasi perbedaan mengenai kepentingan keamanan di Timur Tengah.

Presiden Amerika Barack Obama akan berkunjung ke Arab Saudi hari Jumat (28/3), menghadiri KTT dan berbicara dengan Raja Abdullah mengenai perbedaan terkait kepentingan keamanan di Timur Tengah.

Selain menangani ketegangan yang timbul akibat perang saudara di Suriah, pejabat-pejabat Amerika mengatakan pembicaraan itu kemungkinan akan mencakup Iran, Mesir, goyahnya perundingan damai Israel-Palestina, dan upaya melawan kekerasan ekstremis.

Perang saudara tiga tahun di Suriah telah menimbulkan ketegangan sektarian di Timur Tengah, dan Arab Saudi bersikap kritis terhadap keputusan Amerika tahun lalu yang membatalkan rencana mempersenjatai pemberontak yang menentang pemerintah Suriah Presiden Bashar al-Assad.

Pemerintah Arab Saudi juga menyatakan keprihatinan atas dimulainya upaya dialog pemerintahan Obama dengan Iran, musuh utama negara kerajaan tersebut.

Perbedaan bilateral atas Mesir muncul tahun lalu, ketika Presiden Obama mengecam tajam penggulingan Presiden terpilih Mohamed Morsi oleh militer Mesir. Pemerintah Arab Saudi mendukung pemerintah militer Mesir yang menggantikan presiden terguling.

Menteri Luar Negeri John Kerry diperkirakan akan bergabung dengan Presiden Obama di Riyadh. Pada hari Rabu Kerry bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan mengadakan pembicaraan yang digambarkan Departemen Luar Negeri sebagai produktif.

XS
SM
MD
LG