Tautan-tautan Akses

Obama, Putin Bertemu di Sela-Sela KTT G20


Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden AS Barack Obama bertemu di sela-sela KTT G-20 di Meksiko (18/6).

Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden AS Barack Obama bertemu di sela-sela KTT G-20 di Meksiko (18/6).

Presiden AS Barack Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin mengadakan pembicaraan di Los Cabos hari Senin, yang pertama sejak Putin terpilih kembali sebagai Presiden Rusia.

Presiden Amerika Barack Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin hari Senin bertemu di sela-sela KTT G20 di Meksiko, sementara pandangan kedua pemimpin sangat berbeda mengenai pertumpahan darah yang semakin parah di Suriah.

Rusia, sekutu lama Suriah, sejauh ini menghambat upaya Washington untuk menjadi perantara dalam mengakhiri kekerasan di Suriah. Tentara pendukung Presiden Bashar al-Assad menyerang demonstran anti-pemerintah dalam setahun ini dan menewaskan ribuan orang. Tetapi Rusia melindungi pemimpin Suriah itu dari sanksi PBB yang diupayakan negara-negara Barat dan Arab, yang menentang pemerintahan Bashar yang sudah 11 tahun berkuasa.

Pemimpin Amerika dan pemimpin Rusia itu mengadakan pembicaraan di kota wisata Los Cabos, selagi para pemimpin negara-negara ekonomi terbesar dunia berkumpul untuk KTT dua hari. Itu adalah pertemuan pertama mereka sejak Putin terpilih kembali menjadi presiden seusai pemilu bulan lalu.

Hubungan Obama dan Putin agak tegang akhir-akhir ini, sementara pemimpin Amerika itu jelas-jelas menunda untuk memberi ucapan selamat lewat telpon kepada presiden Rusia itu setelah ia terpilih. Akhir bulan lalu, Putin memilih berada di Rusia daripada menghadiri pertemuan G8, dimana Obama menjadi tuan rumah di tempat persinggahan presiden dekat Washington.

Menjelang KTT G20, wakil penasihat keamanan nasional Amerika Ben Rhodes mengatakan ia berharap Obama dan Putin akan “mampu mempertahankan kerjasama dalam beberapa bidang”, meski berbeda pendapat dalam hal-hal lainnya. Tetapi ia berjanji Amerika akan “berusaha mencoba menjembatani berbagai perbedaan pandangan itu.”

Presiden Obama juga dijadwalkan hari Senin bertemu Kanselir Jerman Angela Merkel dalam upaya baru bagi tindakan Eropa yang lebih berani untuk menyelesaikan krisis utang pemerintah di zona ke-17 negara pengguna mata uang euro itu. Meski para pemimpin Yunani sedang berupaya membentuk pemerintahan koalisi baru menyusul pemilu parlemen hari Minggu, terdapat keprihatinan baru mengenai melonjaknya biaya pinjaman bagi Spanyol.

Tuan rumah G20, Presiden Meksiko Felipe Calderon, mengatakan para pemimpin dunia perlu menegaskan janji-janji senilai 430 miliar dollar untuk rekening baru yang dibuat Dana Moneter Internasional (IMF) bulan April. Dana itu akan menjadi dana talangan zona euro bagi negara-negara anggota yang dililit utang. Beberapa negara masih belum sepenuhnya menjanjikan dana bagi rekening tersebut.
XS
SM
MD
LG