Tautan-tautan Akses

Obama Prihatin Keterlibatan Hizbullah di Suriah


Presiden AS Barack Obama mengungkapkan keprihatinannya kepada Lebanon mengenai peran Hizbullah di Suriah (foto: dok).

Presiden AS Barack Obama mengungkapkan keprihatinannya kepada Lebanon mengenai peran Hizbullah di Suriah (foto: dok).

Presiden Amerika Barack Obama mengungkapkan keprihatinannya kepada Lebanon mengenai peran Hizbullah yang semakin "aktif dan berkembang" di Suriah.

Komentar Presiden AS Barack Obama diungkapkan hari Senin (20/5), setelah setidaknya 28 pejuang kelompok militan Lebanon tewas dalam bentrokan di kota strategis Qusair.

Gedung Putih mengatakan Obama dan Presiden Lebanon Michel Suleiman sepakat bahwa "semua pihak harus menghormati kebijakan Lebanon yang memisahkan diri dari konflik di Suriah" dan menghindari tindakan yang akan menyeret rakyat Lebanon ke dalam perang.

Obama menyambut kebijakan perbatasan terbuka Lebanon yang menampung pengungsi dari Suriah. Dia berjanji Amerika akan terus melanjutkan dukungannya terhadap upaya ini.

Organisasi Pemantau HAM Suriah yang berkantor di Inggris melaporkan kematian para pejuang Hizbullah itu hari Senin, dan mengatakan lebih dari 70 pejuang lainnya cedera. Jika benar, itu akan menjadi jumlah korban Hizbullah terbanyak dalam satu pertempuran di Suriah.

Milisi Syiah itu adalah sekutu setia Presiden Suriah Bashar al-Assad, yang sedang berjuang melawan pemberontakan yang didorong mayoritas Sunni di Suriah untuk menggulingkan pemerintahan yang didominasi oleh sekte Alawi pimpinan Assad, sebuah cabang dari Islam Syiah.
XS
SM
MD
LG