Tautan-tautan Akses

AS

Obama, Presiden Terpilih Meksiko Bahas Perdagangan, Keamanan dan Imigrasi


Presiden AS Barack Obama (kanan) menerima kunjungan Presiden terpilih Meksiko Enrique Pena Nieto di Gedung Putih, Selasa (27/11).

Presiden AS Barack Obama (kanan) menerima kunjungan Presiden terpilih Meksiko Enrique Pena Nieto di Gedung Putih, Selasa (27/11).

Presiden Amerika Barack Obama menerima kunjungan Presiden terpilih Meksiko Enrique Peña Nieto hari Selasa (27/11) di Gedung Putih.

Juru bicara Obama Jay Carney hari Senin mengatakan bahwa imigrasi “mungkin dibicarakan” dalam pertemuan di ruang Oval.

Ia memberitahu wartawan Presiden Obama yakin bahwa reformasi imigrasi yang menyeluruh bisa dicapai dan menganggap hal itu penting bukan saja bagi komunitas tertentu yang terkena dampaknya, namun juga bagi ekonomi Amerika.

Pew Research Center mengatakan sekitar 12 juta warga Meksiko tinggal di Amerika di mana separuh lebih berstatus ilegal.

Presiden Peña Nieto telah mengecam UU imigrasi yang keras di negara bagian seperti Arizona dengan mengatakan UU itu tidak mengakui kontribusi imigran bagi ekonomi Amerika.

Meningkatkan hubungan ekonomi dengan Amerika diperkirakan menjadi bagian dari agenda Nieto dalam pembicaraan dengan Presiden Obama. Dalam sebuah tajuk yang diterbitkan hari Jumat di surat kabar Washington Post, presiden terpilih Meksiko itu mengatakan adalah suatu kekeliruan untuk membatasi hubungan Amerika-Meksiko pada keprihatinan atas obat terlarang dan keamanan.
XS
SM
MD
LG