Tautan-tautan Akses

Obama Pioritaskan Ekonomi dan Penciptaan Lapangan Kerja di Tahun 2012

  • Kent Kline

Para pekerja Amerika yang terkena PHK melakukan unjuk rasa (foto: dok). Presiden Barack Obama berharap Amerika bisa memperkuat ekonominya dan menciptakan lapangan kerja dalam tahun 2012.

Para pekerja Amerika yang terkena PHK melakukan unjuk rasa (foto: dok). Presiden Barack Obama berharap Amerika bisa memperkuat ekonominya dan menciptakan lapangan kerja dalam tahun 2012.

Presiden Barack Obama mengatakan ia berharap Amerika bisa memperkuat ekonominya dan menciptakan lapangan kerja dalam tahun baru 2012.

Hari Sabtu dalam pidato mingguan terakhir untuk tahun 2011, Presiden Obama mengatakan 2011 merupakan tahun yang penuh dengan perubahan dan kemajuan besar.

“Kita mengakhiri satu perang dan mulai menyudahi perang lainnya. Kita melancarkan pukulan yang melumpuhkan terhadap al-Qaida dan membuat Amerika lebih aman. Kita mendukung teman-teman dan sekutu kita di seluruh dunia yang mengalami bencana alam dan revolusi. Kita mulai melihat tanda-tanda pemulihan ekonomi di dalam negeri, walaupun banyak warga Amerika masih kesulitan mengatasi kondisi ekonominya,.” katanya.

Obama menghargai kerja sama Fraksi Demokrat dan Republik di Kongres dalam mensahkan perpanjangan pemotongan pajak dan tunjangan pengangguran selama dua bulan.

Presiden Obama memuji warga Amerika yang menghubungi Kongres dalam mendukung perpanjangan itu, dan menghimbau anggota Kongres agar menyetujui perpanjangan satu tahun ketika mereka kembali ke Washington bulan Januari ini.

Ia mengatakan, “Saya berharap Kongres menyelesaikan masalah itu dengan memperpanjang rancangan undang-undang ini sampai akhir tahun 2012. Puas melihat anggota-anggota Kongres melakukan hal terbaik bagi jutaan warga Amerika, tetapi itu hanya dimungkinkan karena kita menyuarakan aspirasi kita dalam perdebatan itu.”

Obama merekam pesan pidatonya dari Hawaii, di mana berlibur dengan keluarganya.

Presiden Obama mengatakan tujuan utamanya untuk tahun yang baru ini adalah membuat sistem ekonomi Amerika lebih adil bagi kelas menengah, tema yang diperkirakan akan diulangi dalam kampanye pemilihannya kembali tahun 2012.

“Sebagai presiden, saya berjanji akan melakukan apa saja untuk membuat Amerika tempat di mana kerja keras dan tanggung jawab dihargai, tempat di mana semua orang punya bagian yang adil dan semua orang menyumbangkan andil mereka. Itulah Amerika yang saya yakini. Itulah Amerika yang kita kenal,” ujarnya.

Dalam pidato mingguan Fraksi Republik, Senator Johnny Isakton dari Negara bagian Georgia mengatakan prioritas utama partainya untuk tahun baru ini adalah mempermudah usaha kecil menciptakan lapangan kerja. Ia mengatakan Fraksi Republik akan melakukannya dengan memperjuangkan pajak yang lebih rendah, lebih sedikit peraturan dan ketahanan energi.

XS
SM
MD
LG