Tautan-tautan Akses

Obama, Pimpinan Kongres AS Kembali Berunding soal Pagu Utang


Presiden Barack Obama dan para pemimpin Kongres AS belum menemukan kesepakatan mengenai kenaikan pagu utang pemerintah AS (14/7).

Presiden Barack Obama dan para pemimpin Kongres AS belum menemukan kesepakatan mengenai kenaikan pagu utang pemerintah AS (14/7).

Obama dan para tokoh Kongres AS melakukan perundingan untuk menaikkan batas utang 14,3 triliun dolar, sementara memangkas pengeluaran.

Presiden Amerika Barack Obama akan mengadakan jumpa pers di Gedung Putih hari ini untuk membicarakan perundingannya dengan para tokoh Kongres mengenai peningkatan batas utang negara dan pengurangan defisit.

Pada akhir pembicaraan hari ke-5 hari Kamis, Obama mengatakan kepada para perunding sudah waktunya mengambil keputusan dan memberi mereka waktu sampai hari Sabtu selambat-lambatnya untuk menilai pilihan-pilihan dengan harapan akan mencapai suatu persetujuan.

Sementara itu, dua pemimpin majelis Senat Amerika sedang menjajaki usul yang hendak mengijinkan Presiden menaikkan sendiri batas utang tanpa terlebih dahulu memperoleh ijin Kongres. Gagasan pemimpin mayoritas atau partai Demokrat dalam Senat, Harry Reid dan pemimpin fraksi Republik dalam Senat Mitch McConnell itu hendak memberi kepada Obama wewenang menaikkan 2,5 triliun dolar batas utang dalam 3 angsuran, sementara mengenakan pemotongan beberapa triliun dolar pengeluaran dalam 10 tahun mendatang.

Obama dan para tokoh Kongres sedang melakukan perundingan yang penuh dengan pertentangan untuk menaikkan batas utang 14,3 triliun dolar, sementara juga mengurangi pengeluaran pemerintah.

Namun, pembicaraan telah macet karena perselisihan mengenai perlunya menaikkan pajak. Kalau batas pinjaman atau batas utang tidak dinaikkan sebelum tanggal 2 Augustus, Amerika Serikat mungkin terpaksa harus menghentikan pembayaran sebagian dari obligasinya.

XS
SM
MD
LG