Tautan-tautan Akses

AS

Obama Pimpin Upacara Hari Peringatan Martin Luther King Jr.


Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, Jeh Johnson (kiri) meletakkan karangan bunga di depan patung Dr. Martin Luther King, Jr. hari Senin (19/1).

Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, Jeh Johnson (kiri) meletakkan karangan bunga di depan patung Dr. Martin Luther King, Jr. hari Senin (19/1).

Presiden Obama dan Ibu Negara Michelle Obama ikut melakukan tugas suka rela di sebuah Kelab Anak-Laki-Laki dan Perempuan di Washington, Senin (19/1).

Presiden Amerika Barack Obama dan rakyat Amerika di seluruh negeri ikut dalam proyek-proyek pelayanan masyarakat hari Senin (19/1) untuk memperingati hari ulang tahun pemimpin pejuang hak sipil Martin Luther King Jr yang tewas dibunuh.

Presiden Obama dan Ibu Negara Michelle Obama melakukan tugas suka rela di sebuah Kelab Anak-Laki-Laki dan Perempuan di Washington. Para pejabat pemerintah Obama lainnya menyebar ke seluruh Amerika untuk ikut dalam program-program pendidikan, anti-kemiskinan, lingkungan alam dan kesenian.

Wakil Presiden Amerika Joe Biden berbicara hari Senin pada acara makan pagi, menghormati dan memperingati Martin Luther King, dan mengatakan, masyarakat dan polisi perlu membina kepercayaan. Ia mengatakan, tidak ada alasan hubungan antara golongan minoritas dan penegak hukum tidak bisa diperbaiki.

Martin Luther King menjadi terkenal tahun 1955 ketika dia memimpin pemboikotan yang sukses terhadap bus-bus umum di kota Montgomery, Alabama, Amerika sebelah selatan, yang memaksa kota itu mengakhiri praktek segregasi terhadap para penumpang kulit hitam. Dia menjadi tokoh utama Gerakan Hak Sipil dalam tahun-tahun 1950 dan 1960-an, mengilhami jutaan orang dengan pidatonya yang terkenal “I Have a Dream” dalam rapat umum besar bulan Maret 1950 di Washington.

Martin Luther King menerima Hadiah Nobel Perdamaian tahun 1964, dalam tahun yang sama undang-undang hak sipil ditandatangani oleh Presiden Lyndon Johnson.

Martin Luther King dibunuh pada tanggal 4 April 1966 di Memphis, Tennessee, ketika ia melakukan perjalanan untuk membantu karyawan pembersih sampah kulit hitam yang mogok untuk mendapatkan upah sama dengan pegawai kulit putih.

Hari Libur diciptakan ketika Presiden Ronald Reagan menandatangani rancangan undang-undang yang menetapkan hari Senin ketiga dalam bulan Januari untuk menghormati Martin Luther King. Kongres Amerika menetapkan hari libur Martin Luther King sebagai hari pelayanan nasional dalam tahun 1994, untuk mendorong rakyat Amerika ikut dalam proyek-proyek masyarakat.

Untuk menghormati Dr. Martin Luther King, siaran TV kabel MTV mengudarakan programnya Senin dengan siaran hitam putih selama 12 jam untuk mendorong para pemirsa berbincang dengan rekan-rekan dan keluarga mereka mengenai ras. Siaran hitam putih itu adalah yang pertama dilakukan oleh saluran kabel yang telah memulai siaran 34 tahun tahun yang lalu.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG