Tautan-tautan Akses

AS

Obama: Perubahan Iklim 'Ancaman Terbesar' bagi Taman Nasional AS


Presiden AS Barack Obama berbicara di Taman Nasional Yosemite di California, hari Sabtu (18/6).

Presiden AS Barack Obama berbicara di Taman Nasional Yosemite di California, hari Sabtu (18/6).

Presiden AS Barack Obama mengatakan, perubahan iklim kemungkinan merupakan ancaman paling signifikan bagi sumber daya alam dunia, termasuk taman-taman nasional Amerika.

Berbicara hari Sabtu (18/6) di Taman Nasional Yosemite, Presiden Obama mengatakan, "Satu hal yang menyatukan kita adalah kita hanya memiliki satu planet dan perubahan iklim mungkin ancaman terbesar, bukan hanya bagi keindahan alam seperti ini, tetapi juga bagi kesejahteraan miliaran orang, kota-kota pesisir, masyarakat pertanian yang bisa musnah dalam rentang puluhan tahun akibat perubahan suhu yang berarti kekeringan dan kebakaran hutan yang lebih sering."

Berlatar belakang keindahan Yosemite, pernyataan Obama itu disampaikan dalam wawancara eksklusif dengan National Geographic. Wawancara lengkap akan disiarkan akhir Agustus dalam rangka memperingati ulang tahun ke-100 National Parks System atau sistem taman nasional Amerika - NPS.

Dua permintaan anggaran terakhir Obama termasuk lebih banyak dana untuk taman-taman tetapi kongres tidak menyetujuinya, sehingga NPS terpaksa mencari dana sponsor perusahaan dan sumber-sumber alternatif lain.

Sebelum mengunjungi Yosemite, yang terletak di pegunungan Sierra Nevada California, Obama mengunjungi dua taman nasional dengan keluarganya untuk merayakan ulang tahun ke-100 NPS.

Karena masa jabatannya berakhir Januari nanti, Presiden Obama tampaknya semakin berfokus meninggalkan warisan lingkungan yang menyenangkan. Sejak menjabat ia menambahkan 20 taman atau monumen ke NPS. Separuhnya disetujui Kongres sedangkan separuh lainnya menggunakan otoritas eksekutif Obama.

Sebagian anggota Kongres menuduh Obama melampaui batas kewenangan. Sebaliknya organisasi-organisasi lingkungan mendesak Obama berbuat lebih banyak untuk menetapkan lebih banyak ruang terbuka sebagai taman nasional sebelum masa jabatannya selesai Januari nanti. [ka/jm]

XS
SM
MD
LG