Tautan-tautan Akses

AS

Obama di Jerman, Pertahankan Globalisasi

  • Luis Ramirez

Presiden AS Barack Obama naik ke pesawat Air Force One di bandar udara internasional Eleftherios Venizelos, Athena (16/11). (AP/Pablo Martinez Monsivais)

Presiden AS Barack Obama naik ke pesawat Air Force One di bandar udara internasional Eleftherios Venizelos, Athena (16/11). (AP/Pablo Martinez Monsivais)

Obama bergabung dengan pemimpin Jerman yang mengatakan tidak mungkin berpaling dari globalisasi.

Membahas persepsi Eropa mengenai munculnya sikap isolasionisme dari Amerika Serikat, Presiden AS Barack Obama dan Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan kepada rakyat Jerman bahwa berpaling dari globalisasi adalah suatu hal yang tidak mungkin.

Dalam tulisan opini yang diterbitkan surat kabar Wirtschaftswoche, sebelum kedatangan Obama di Berlin, pemimpin AS dan Jerman itu mengatakan, "Tidak akan ada aksi kembali ke keadaan dunia sebelum globalisasi. Rakyat Jerman dan Amerika harus mengambil peluang untuk membentuk globalisasi berdasarkan nilai-nilai dan ide mereka. Kita berutang pada sektor bisnis dan rakyat kita, bahkan seluruh komunitas global, untuk memperluas dan memperdalam kerjasama kita."

Berlin adalah perhentian kedua Obama dalam lawatan luar negeri terakhir sebagai presiden.

Tujuan pertamanya adalah Yunani, di mana ia berbicara mengenai pentingnya mempertahankan demokrasi dan komitmen AS untuk membela sekutu-sekutu Eropa.

Obama memilih Athena, tempat asal demokrasi gaya Barat untuk menyampaikan pidato kebijakan luar negerinya yang terakhir. Ia mengatakan bahwa demokrasi yang dipegang dan dipromosikan Amerika ke dunia tidak sempurna, namun "lebih baik dari alternatif-alternatif lain." [hd]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG