Tautan-tautan Akses

AS

Obama: Perlu Hindari Konsekuensi Ekonomi dari Gagal Bayar Utang


Presiden Barack Obama saat memberikan keterangan kepada pers terkait anggaran dan penutupan sebagian pemerintah AS di Gedung Putih, Washington DC, 8 Oktober 2013 (Foto: dok).

Presiden Barack Obama saat memberikan keterangan kepada pers terkait anggaran dan penutupan sebagian pemerintah AS di Gedung Putih, Washington DC, 8 Oktober 2013 (Foto: dok).

Presiden Amerika Barack Obama dalam pidato mingguannya hari Sabtu (12/10) mengatakan gagal bayar utang bagi pemerintah Amerika akan berdampak negatif bagi pasar global.

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan dalam pertemuan dengan para anggota Kongres minggu ini tentang kebuntuan politik terkait pendanaan dan pinjaman pemerintah bahwa ada satu kesepakatan: “perlunya menghindari konsekuensi ekonomi karena tidak memenuhi berbagai kewajiban negara."

Presiden mengatakan dalam pidato mingguannya hari Sabtu (12/10) bahwa kerusakan pada peringkat kredit Amerika yang selama ini sangat baik akan membuatnya lebih mahal bagi setiap orang di Amerika untuk meminjam uang, menciptakan apa yang dikatakannya “pajak standar Partai Republik pada setiap keluarga dan bisnis di Amerika.” Dia mengatakan gagal bayar utang bagi pemerintah Amerika juga akan berdampak negatif bagi pasar global.

Namun, para pejabat Gedung Putih, Jumat (11/10) mengatakan masih belum dicapai kesepakatan dengan Partai Republik tentang cara mengakhiri kebuntuan. Kedua pihak – fraksi Republik dan Demokrat – telah sepakat untuk terus berunding.

Sementara itu, tiga dari taman nasional paling terkenal di Amerika – yakni Patung Liberty, Grand Canyon dan Mount Rushmore – telah mengumumkan akan buka kembali dalam beberapa hari mendatang setelah gubernur negara bagian mencapai kesepakatan dengan pemerintah federal, meskipun masih berlangsung penutupan sebagian operasi pemerintah. Ketiga negara bagian, yakni New York, Arizona, South Dakota, telah setuju untuk menyediakan dana yang dibutuhkan untuk mengoperasikan taman-taman itu.
XS
SM
MD
LG