Tautan-tautan Akses

Obama: Perjanjian Pengurangan Senjata Nuklir dengan Rusia Prioritas


Presiden AS Barack Obama dan Presiden Rusia Dmitry Medvedev pada saat KTT G20 di Seoul, 12 November 2010.

Presiden AS Barack Obama dan Presiden Rusia Dmitry Medvedev pada saat KTT G20 di Seoul, 12 November 2010.

Presiden Obama dan Presiden Rusia Medvedev akan bertemu hari Minggu di Yokohama, Jepang, di sela KTT APEC.

Pejabat-pejabat Amerika mengatakan, ratifikasi perjanjian pengurangan senjata nuklir dengan Rusia adalah prioritas bagi Presiden Obama, dan dia akan menegaskan kembali komitmen itu secara pribadi kepada pemimpin Rusia Dmitry Mevedev.

Kedua presiden itu akan bertemu hari Minggu di Yokohama, Jepang, ketika keduanya menghadiri KTT APEC.

Penasehat keamanan nasional Obama, Tom Donilon, membahas isyu pengawasan senjata sebelum pembicaraan kedua pemimpin itu. Donilon tidak berkomentar terhadap laporan media bahwa pemerintahan Obama akan berupaya mendapat dukungan Kongres atas perjanjian itu dengan meningkatkan fasilitas senjata nuklir Amerika.

Harian Washington Post, mengutip sumber-sumber di Kongres, melaporkan pejabat-pejabat pemerintah telah berusaha mendapat dukungan dari politisi Partai Republik di Senat yang skeptis atas sebuah janji untuk mengeluarkan lagi dana sebesar lebih dari 4 miliar bagi pabrik senjata nuklir.

Presiden Obama dan Medvedev menandatangani sebuah Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis bulan April, tetapi ihwal itu harus diratifikasi oleh badan legislatif kedua negara.

XS
SM
MD
LG