Tautan-tautan Akses

Obama: Perjanjian Nuklir START Penting bagi Keamanan


Presiden Obama dan Presiden Rusia Dmitry Medvedev menyepakati pengurangan senjata nuklir AS-Rusia (START) bulan April lalu.

Presiden Obama dan Presiden Rusia Dmitry Medvedev menyepakati pengurangan senjata nuklir AS-Rusia (START) bulan April lalu.

AS dan Rusia menandatangani pakta itu bulan April untuk mengurangi senjata nuklir mereka dan membentuk sistem verifikasi.

Presiden Obama, berbicara pada penutupan KTT NATO di Portugal hari Sabtu, mengatakan, perjanjian senjata nuklir START yang baru dengan Rusia adalah komponen penting bagi keamanan Amerika dan Eropa.

Obama mengatakan, dia telah menerima dukungan besar dari sekutu-sekutu NATO tentang pakta itu, yang katanya penting bagi Washington untuk melakukan verifikasi agar Rusia juga mengurangi senjata nuklirnya.

Obama dan Presiden Rusia Dmitry Medvedev menandatangani pakta itu bulan April untuk mengurangi khazanah nuklir mereka dan membentuk sistem verifikasi. Perjanjian itu belum diratifikasi oleh parlemen kedua negara.

Presiden Medvedev, juga di Lisabon, mengatakan harapannya Kongres Amerika akan menunjukkan tanggungjawab dan meratifikasi perjanjian itu. Dia mengatakan, begitu Amerika bertindak, parlemen Rusia akan menyusul.

Presiden Obama menghendaki Senat Amerika meratifikasi pakta itu akhir tahun ini. Beberapa politisi Partai Republik menolak upaya untuk mengadakan pemungutan suara menjelang sidang Kongres baru bulan Januari dengan kehadiran Partai Republik yang lebih kuat.

Sekjen NATO Anders Fogh Rasmussen mengatakan hari Sabtu bahwa kegagalan untuk meratifikasi perjanjian baru akan membahayakan lingkungan keamanan di Eropa.

XS
SM
MD
LG