Tautan-tautan Akses

Obama Peringatkan Suriah agar Tak Gunakan Senjata Kimia


Presiden AS Barack Obama memberikan pidato dalam konvensi veteran di Reno, Nevada, Senin (23/7).

Presiden AS Barack Obama memberikan pidato dalam konvensi veteran di Reno, Nevada, Senin (23/7).

Presiden AS Barack Obama memperingatkan Suriah agar tidak menggunakan senjata kimia, dan mengatakan hal itu akan merupakan sebuah “kesalahan tragis.”

Presiden Amerika Barack Obama berkata demikian dalam konvensi veteran di Reno, Nevada, hari Senin, dan mengatakan dunia sedang mengamati Suriah.

Ia mengatakan Presiden Bashar al-Assad akan dimintai pertanggungjawaban jika negaranya menggunakan gas beracun dan bahan kimia mematikan lainnya.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Suriah mengatakan pemerintah tidak akan pernah menggunakan senjata kimia terhadap rakyatnya sendiri, tapi akan memakainya terhadap apa yang disebutnya penyerbu asing. Ia mengatakan militer Suriah mengawal ketat persediaan senjata negara itu.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu hari Minggu mengatakan ia sangat prihatin mengenai apa yang akan terjadi atas persediaan senjata Suriah jika pemerintahan Assad tumbang. Ia mengatakan militer Israel bersiap bertindak jika persenjataan Suriah jatuh ke tangan Hezbollah atau militan Islam lainnya.
XS
SM
MD
LG