Tautan-tautan Akses

Obama: Rakyat AS Bukan 'Pion' Permainan Politik


Presiden Barack Obama hari Kamis memperingatkan Kongres bahwa rakyat AS bukanlah pion dalam permaianan politik (3/10).

Presiden Barack Obama hari Kamis memperingatkan Kongres bahwa rakyat AS bukanlah pion dalam permaianan politik (3/10).

Presiden Barack Obama hari Kamis (3/10) memperingatkan Kongres bahwa rakyat AS bukanlah pion dalam permaianan politik dan mendesak Kongres segera mengakhiri penutupan pemerintah.

Penutupan sebagian operasi pemerintah Amerika memasuki hari ketiga, tanpa tanda-tanda tercapainya terobosan, sementara para tokoh fraksi Republik di Kongres hendak meniadakan dana atau menunda undang-undang asuransi kesehatan unggulan Presiden Barack Obama sebagai bagian dari anggaran berikutnya.

Presiden Barack Obama hari Kamis mengatakan Kongres harus mengakhiri penutupan pemerintah yang membuat ratusan ribu orang tidak masuk kerja dan merugikan ribuan perusahaan yang mengandalkan bisnis mereka.

Berbicara di luar kota Washington, Presiden Obama mengatakan satu-satunya alasan penutupan sebagian pemerintah terus berlangsung adalah karena Ketua DPR Amerika tidak mau membuat marah “ekstrimis” dalam partainya dengan mengadakan voting untuk anggaran yang disahkan oleh Senat awal pekan ini. Anggaran itu menetapkan undang-undang asuransi kesehatan tetap utuh.

Seluruh anggota fraksi Demokrat dan lebih dari 17 anggota fraksi Republik di DPR mengatakan akan menandatangani yang disebut “RUU bersih” Senat itu jika Ketua DPR John Boehner mengajukan RUU itu dalam sebuah voting.

Para tokoh kongres Amerika bertemu dengan Presiden Obama selama sekitar satu jam Rabu malam, tetapi mereka keluar dari pertemuan tertutup itu tanpa mencapai kemajuan mengenai kebuntuan anggaran yang memicu penutupan sebagian pemerintah federal.

Ketua DPR John Boehner mengatakan ia memberitahu presiden ia ingin diskusi tentang apa yang disebutnya “keadilan” program asuransi kesehatan unggulan Obama, Undang-Undang Asuransi Kesehatan yang Terjangkau itu.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG