Tautan-tautan Akses

Obama Optimis Perjanjian Perdagangan TPP akan Disetujui


Presiden AS Barack Obama optimis Kongres AS akan menyetujui perjanjian perdagangan Trans Pasifik atau TPP (foto: dok).

Presiden AS Barack Obama optimis Kongres AS akan menyetujui perjanjian perdagangan Trans Pasifik atau TPP (foto: dok).

Presiden AS Barack Obama Senin (1/8) mengatakan bahwa ia optimis Kongres AS akhirnya akan menyetujui perjanjian perdagangan Trans Pasifik atau TPP yang mencakup 12 negara.

Presiden Barack Obama menyatakan rasa optimisnya soal perjanjian TPP, meskipun kedua kandidat presiden tahun 2016, Hillary Clinton dari Partai Demokrat dan Donald Trump dari Partai Republik menentangnya.

Obama yang akan berakhir masa jabatannya bulan Januari mendatang menyampaikan perkiraannya hari Senin (1/8) dalam wawancara dengan harian Straits Times menjelang kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong ke Washington yang berpuncak pada jamuan makan malam kenegaraan di Gedung Putih hari Selasa (2/8) malam.

Tapi Presiden Obama mengakui persetujuan Kongres terhadap pemberlakuan perjanjian itu akan sulit di Amerika di mana banyak pekerja dirugikan karena para majikan memindahkan operasinya ke LN atau memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan produksi sambil memangkas tenaga kerjanya.

Masalah politik di seputar perdagangan bisa sangat sulit, khususnya dalam tahun pemilu” kata Obama. “ada keprihatinan beralasan dan kecemasan bahwa kekuatan globalisasi akan menyebabkan banyak orang tertinggal dan kita harus mempertimbangkan keprihatinan itu secara serius dan mengatasinya.

“Tapi, mundur dan mendukung proteksionisme bukan jawaban,” kata Obama.

Ia menambahkan, “Kita tidak bisa berpaling dari perdagangan. Dalam perekonomian global di mana ekonomi dan jaringan pasokan sangat terintegrasi, bahkan tidak mungkin menghindarinya.”

Pemimpin Amerika itu mengatakan tetap berkomitmen pada Kemitraan Perdagangan Trans Pasifik “karena merupakan perjanjian yang baik bagi Amerika, kawasan itu dan bagi dunia. TPP memajukan ekonomi Amerika dan kepentingan strategis kita. TPP akan menghapuskan 18 ribu cukai yang pada dasarnya adalah pajak atas produk-produk Amerika dan membantu kita menjual lebih banyak lagi ke pasar Asia Pasifik”. [my/ii]

XS
SM
MD
LG