Tautan-tautan Akses

Obama: New Orleans Telah Jadi Simbol Keteguhan


Presiden Obama hari Minggu mengatakan sejumlah kemajuan luar biasa telah dicapai dalam membangun kembali New Orleans.

Presiden Amerika Barack Obama tiba di New Orleans, Louisiana untuk memperingati lima tahun badai Katrina, badai kuat yang menimbulkan banjir di sebagian besar kota itu dan menghancurkan kawasan tersebut.

Presiden Obama hari Minggu mengatakan sejumlah kemajuan “luar biasa” telah dicapai dalam membangun kembali New Orleans yang hancur karena badai itu. Katanya kota itu bisa saja menjadi “simbol kerusakan” namun sebaliknya justru menjadi sebuah “simbol keteguhan”.

Presiden Obama juga berjanji pemerintahannya akan tetap bersama rakyat New Orleans dan pantai teluk itu sampai pekerjaan pembangunan kembali dari badai Katrina selesai.

Presiden Obama berpidato di Universitas Xavier, yang parah terendam banjir akibat badai itu. Ia memuji para pejabat sekolah karena hanya memerlukan waktu empat bulan setelah badai untuk membuka kembali pelajaran di kelas-kelas.

Katrina melanda daratan tanggal 29 Agustus 2005. Badai dan banjir yang ditimbulkannya menewaskan lebih dari 1800 orang dan memaksa jutaan penduduk meninggalkan rumah-rumah mereka.

XS
SM
MD
LG