Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Obama Mulai Kunjungan ke Afrika


Presiden AS Barack Obama akan memulai kunjungan seminggu ke Afrika, dimulai di Senegal (foto: dok).

Presiden AS Barack Obama akan memulai kunjungan seminggu ke Afrika, dimulai di Senegal (foto: dok).

Presiden Amerika Barack Obama akan memulai kunjungan seminggu ke Afrika yang terfokus untuk memajukan demokrasi dan investasi Amerika di benua itu.

Presiden Obama hari Rabu (26/6) akan terbang ke Senegal, di mana hari berikutnya ia akan bertemu Presiden Macky Sall dan kemudian singgah di sebuah rumah budak bersejarah di Pulau Goree.

Hari Jumat, Obama berangkat ke Afrika Selatan di mana ia akan bertemu Presiden Jacob Zuma, mengadakan pertemuan “townhall” dengan warga setempat, dan mengunjungi pulau di mana Nelson Mandela pernah dipenjara.

Para pejabat Afrika Selatan mengatakan kunjungan Obama ke negara itu akan tetap berlangsung meski ditengah keprihatinan disana mengenai Mandela. Mantan presiden Afrika Selatan berusia 94 tahun itu kini dalam kondisi kritis disebuah rumah sakit di Pretoria.

Setelah Afrika Selatan, Obama singgah satu hari di Tanzania dan bertemu Presiden Jakaya Kikwete sebelum pulang ke Washington.

Obama tidak akan mengunjungi Kenya, tempat lahir ayahnya, dan hal ini telah mengecewakan banyak rakyat Kenya. Presiden dan wakil presiden Kenya keduanya kini menghadapi sidang di Mahkamah Kejahatan Internasional dengan tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan – fakta yang membuat kunjungan Obama mustahil secara diplomatik.

Ini akan menjadi kedua kalinya Obama, presiden kulit hitam pertama Amerika, mengunjungi Afrika sejak menjabat. Ia pernah singgah sebentar di Ghana tahun 2009.
XS
SM
MD
LG