Tautan-tautan Akses

Obama Menduga Bin Laden Punya Jaringan Pendukung Kuat di Pakistan


Abbottabad, kota tempat Osama bermukim selama enam tahun terakhir, berada dekat pegunungan dan terletak sebelah utara ibukota Pakistan Islamabad.

Abbottabad, kota tempat Osama bermukim selama enam tahun terakhir, berada dekat pegunungan dan terletak sebelah utara ibukota Pakistan Islamabad.

Dalam wawancara TV, Presiden Obama mengemukakan itu karena Osama bisa tinggal dengan aman kurang dari 60 kilometer dari Islamabad.

Presiden Amerika Barack Obama menyatakan bahwa mendiang Osama bin Laden mestinya punya jaringan pendukung yang kuat di Pakistan, yang memungkinkannya tinggal dengan aman kurang dari 60 kilometer dari ibukota Islamabad.

Tapi, kata Obama dalam wawancara dengan jaringan CBS: 60 Minutes, masih belum jelas apakah pemerintah Pakistan tahu bahwa bin Laden berada di negara itu, dan inilah yang perlu diselidiki.

Penasihat keamanan nasional Amerika Tom Donilon mengatakan pada jaringan televisi NBC hari Minggu bahwa Amerika tidak bisa menganggap al-Qaida telah dikalahkan secara strategis. Tapi ia menggambarkan, pembunuhan bin Laden sebagai suatu kemajuan penting dalam menumpas jaringan terroris itu.

Kata Donilon, dokumen-dokumen yang disita dari tempat persembunyian bin laden di Pakistan merupakan tumpukan dokumen terroris paling besar yang pernah ditemukan.

Kemarin, pemerintah Amerika merilis video yang disita dari rumah bin Laden yang menunjukkan pemimpin al-Qaida itu sedang menonton televisi dan mengadakan latihan untuk membuat pernyataan yang akan disiarkan ke dunia luar.

XS
SM
MD
LG