Tautan-tautan Akses

Obama: Masih Banyak Tantangan bagi Aktivis Hak Kaum Gay


Presiden Barack Obama memberikan pidato pada acara makan malam tahunan sebuah kelompok HAM di Washington DC (1/10).

Presiden Barack Obama memberikan pidato pada acara makan malam tahunan sebuah kelompok HAM di Washington DC (1/10).

Presiden Obama masih belum mendukung perkawinan sesama jenis yang menjadi isu utama di kalangan kaum gay.

Presiden Amerika Barack Obama, dalam pidato utamanya hari Sabtu malam pada acara makan malam tahunan sebuah kelompok hak gay terkemuka, menekankan bahwa meskipun sudah ada banyak kemajuan dalam hak-hak gay belakangan ini tetapi banyak yang masih harus dilakukan.

Obama mengatakan banyak pihak yang hadir pada makan malam Human Rights Campaign telah mengabdikan hidup mereka bagi kesetaraan hak, tetapi ia menekankan bahwa “banyak pekerjaan tersisa dihadapan kita.”

Acara yang berlangsung di Washington itu diadakan kurang dari dua minggu setelah militer Amerika mengakhiri larangan bagi kaum gay untuk terbuka di militer.

Presiden Obama menandatangani UU untuk mencabut kebijakan yang dikenal dengan “Don’t Ask Don’t Tell” itu bulan Desember.

Obama mengatakan ada banyak tentara Amerika yang gay, yang mengabdi diseluruh dunia dan “satu-satunya perbedaan adalah kini mereka bisa memasang foto keluarga.”

Obama masih belum mendukung perkawinan sesama jenis, yang masih menjadi isu utama di kalangan kaum gay. Sebelumnya Obama mengatakan dia mendukung “kemitraan sipil”, dan mengatakan pandangannya mengenai perkawinan sesama jenis “terus berubah.”

Ini adalah yang kedua kalinya Obama berpidato dalam makan malam tahunan Human Rights Campaign. Ia juga berpidato tahun 2009.

XS
SM
MD
LG