Tautan-tautan Akses

AS

Obama: Lee Kuan Yew Seorang Visioner dan Raksasa Sejarah


Gedung Putih memuji Lee sebagai seorang “visioner” yang membangun salah satu negara paling makmur di dunia sekarang.

Presiden AS Barack Obama memberikan penghormatan pada pendiri Singapura modern, menyebutnya "raksasa sejarah" dan salah satu ahli strategi besar urusan Asia.

Setelah bertemu dengan Lee di Gedung Putih tahun 2009, Obama menyebut mantan perdana menteri itu “salah satu tokoh legendaris Asia pada abad ke-20 dan 21."

Hari Minggu, Gedung Putih memuji Lee sebagai seorang “visioner” yang membangun salah satu negara paling makmur di dunia sekarang.

Lee Kuan Yew, pendiri Singapura modern dan arsitek kebangkitannya ke salah satu ekonomi terkemuka di dunia, telah meninggal dunia pada usia 91 tahun.

Lee masuk rumah sakit di Singapore General Hospital awal Februari karena menderita pnumonia parah, dan kemudian menggunakan alat pembantu pernafasan.

Kantor perdana menteri Singapura mengatakan Lee, yang berkuasa di negara pulau itu dari tahun 1959 hingga 1990, meninggal dunia dengan damai Senin pagi (23/3).

Lee menjadi perdana menteri pertama Singapura ketika pulau itu memperoleh kemerdekaan penuh dari kekuasaan penjajahan Inggris. Ia tetap sebagai kekuatan yang memotori negara itu lama setelah pensiun 30 tahun kemudian.

XS
SM
MD
LG